PENGARUH PELAYANAN KEGAWATDARURATAN TERHADAP RESPONSE TIME PERAWAT DI IGD DI RSUD TOTO KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO
Abstract
Latar belakang: Kegawatdaruratan medis merupakan salah satu tantangan utama dalam pelayanan kesehatan yang memerlukan respons cepat dan tepat. Kualitas pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sangat bergantung pada kecepatan dan ketepatan respons perawat, yang merupakan garda terdepan dalam penanganan pasien kritis Response time merupakan salah satu indikator mutu guna mengukur kinerja pelayanan kegawatdarurat di IGD. Pelayanan kegawatdaruratan yang baik tidak hanya berpengaruh pada keselamatan pasien tetapi juga dapat meningkatkan kepuasan pasien dan keluarga. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Kegawatdaruratan Terhadap Response time Perawat Di IGD Di RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango
Metode: Penelitian ini adalah bersifat kuantitatif, dengan desain penelitian menggunakan dengan pendekatan Deskriptif Analitik. Pada rancangan penelitian ini menggunakan desain cross sectioanal. Sampel pada Penelitian ini sebanyak 27 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik total sampling Instrumen pada Penelitian ini menggunakan kuesioner.
Hasil: penelitian menunjukkan bahwa dari 27 responden pelayanan kegawatdaruratan baik dengan Response time cepat sebanyak 14 orang (51.9%) dan lambat sebanyak 0 (0%), serta pelayanan kegawatdaruratan cukup dengan Response time cepat sebanyak 1 orang (3.7%) dan lambat sebanyak 12 orang (44.4%) dengan nilai P=Value p=0.000 < 0.05.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pelayanan Kegawatdaruratan Terhadap Response time Perawat Di IGD RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, A. (2022). Peran Perawat Dalam Pelayanan Spiritual Di Rumah Sakit: Literatur Review. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–77. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/22007
Adiyanto, B. (2023). Sistem TRIASE IGD Bagi Nakes Rumah Sakit.
Akhirul, T. (2020). Hubungan Rensponse Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Toni. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 001(September), 263–271.
Akrom. (2020). Farmakoterapi Kasus Gawat Darurat Dan Emergensi.
Azzahra, N. A. (2024). Pengaruh Sleep Deprivation Terhadap Response time Tenaga Kesehatan Di Igd Rsu Cut Meutia. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Bazmul, M. F., Lantang, E. Y., & Kambey, B. I. (2019). Profil Kegawatdaruratan Pasien Berdasarkan Start Triage Scale di Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Periode Januari 2018 sampai Juli 2018. E-CliniC, 7(1), 46–50. https://doi.org/10.35790/ecl.v7i1.23538
Damansyah, H., & Yunus, P. (2021). the Relationship Between Triage Assessment Accuracy and the Success Rate of Patient Handling in the Emergency Room At M.M Dunda Hospital Limboto. Jurnal Zaitun, 09(02), 999–1008.
Damayati, W. (2022). Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal. In Industry and Higher Education (Vol. 3, Issue 1).
Dananto, Y. (2023). Gambaran Response time Perawat Di Igd Rs.
Della Arya, Apriani Apriani, & Helsy Desvitasari. (2023). Hubungan Response time Dengan Kepuasan Pasien Di Igd Rumah Sakit Bhayangkara. Jurnal Kesehatan : Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 86–92. https://doi.org/10.52395/jkjims.v13i2.379
Erita, & Mahendra, D. (2019). Manajemen gawat darurat dan bencana. Journal.Thamrin.Ac.Id, 1, 148.
Gadar, K. instalasi. (2022). Definisi Pelayanan Gawat Darurat. RSUD DR. Muhammad Zein Painan.
Gultom, A. B. (2021). FullBook Konsep dan Sistem Keperawatan Gawat Darurat.
Herawati, T., Gustina, D. S., & Utami, D. S. (2019). Pelaksanaan Triage Oleh Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Lembang. Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 5(1), 59–64. https://doi.org/10.58550/jka.v5i1.22
Hidayati, A. N., Alfian, M. I. A. A., & Rosyid, A. N. (2018). Gawat Darurat Medis Dan Bedah. In Rumah Sakit Universitas Airlangga (Vol. 8, Issue 1). adm@aup.unair.ac.id
Iswarani, I. N. S., Izzati, I. A. F., Firdausi, R. I., & Nursanto, D. (2020). Manajemen Penyelamatan Ibu Hamil Pasca Bencana. Al-Iqra Medical Journal : Jurnal Berkala Ilmiah Kedokteran, 2(2), 72–80. https://doi.org/10.26618/aimj.v2i2.3953
Merliyanti, R., Meilando, R., & Agustiani, S. (2024). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Keluarga Pasien Di IGD. Global Health Science Group, 6(1), 227–236.
Rofiqoh, I., & Zulhawati, Z. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis Dan Campuran. Pustaka Pelajar, 1, 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Rosita, R. (2021). Evaluasi Mutu Pelayanan Kesehatan Unit Gawat Darurat. Jurnal Kesehatan Holistic, 5(1), 18–28. https://doi.org/10.33377/jkh.v5i1.87
Simandalahi, T., Morika, H. D., Sartiwi, W., & Sari Dewi, R. I. (2019). Hubungan Response time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.114
Situmorang, I. P., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas PelayananKesehatan di Instalasi Gawat Darurat: Studi Teoritis. Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), 2(2), 42–49.
Surani, V., Waladani, B., Septiwi, C., Septiyana, V., Lukman, A., Faizah, A., Hanafi, W., Susanto, A., Agina, P., Suwaryo, W., Anwari, M., Ni, S., Seri, L., Feriana, A., Handian, I., Putra, A., Kartika, T., Kegawatdaruratan, K., & Bencana, D. M. (2022). Keperawatan Kegawatdaruratan Dan Manajemen Bencana. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Tinggi, S., Kesehatan, I., & Elisabeth, S. (2024). buku gawat darurat igd.
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian.
Zein, M., & Jl, P. (2022). Kategori kuning pada triage. 0756.
DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v10i02.663
Article Metrics
Abstract viewed : 23 timesPDF files downloaded : 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
