PENGARUH PEMBERIAN TERAPI GUIDED IMAGERY TERHADAP PENURUNAN TINGKAT ANSIETAS PADA REMAJA KORBAN BULLYING DI LINGKUNGAN SMPN 2 TELAGA

Firmawati Firmawati, Risli Rubai

Abstract


Latar belakang: Bullying adalah sikap yang sengaja opensif dan berkali-kali digunakan untuk melawan suatu objek atau korbannya lemah, mudah malu, serta tidak mampu  mempertahankan dirinya. (Jannah, 2023). Bullying dapat menimbulkan perasaan tidak aman, terisolasi, perasaan harga diri rendah bahkan depresi serta ansietas yang sangat berat. (Kurniasih et al., 2023). Ansietas atau kecemasan merupakan alat untuk memperingatkan seseorang terhadap ancaman, konflik dan bahaya yang terjadi di masa yang akan datang, peringatan ini bersifat positif karena menjadi motivator bagi seseorang dalam menghadapi situasi yang mengancam. Masalah Ansietas  perlu dilakukan pengobatan dengan terapi farmakologi yaitu dengan obat-obatan teratur dari dokter atau fasilitas Kesehatan terdekat atau perlu Tindakan non farmakalogi sederhana yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah seperti slow deep brething, meditasi, terapi genggam jari, terapi murotal dan guided imagery. (Ajuan, 2023). Guided Image Therapy adalah relaksasi membayangkan atau mengimajinasikan tempat dan kejadian yang menghubungkan pada perasaan yang menyenangkan. Relaksasi tersebut juga merangsang hormon endorphin sehingga akan melakukan blocking atau menggantikan ketegangan otot dan ketidaknyamanan yang dirasakan (Febtrina and Febriana, 2017).

Metode: Desain penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasy eksperimen semu. Populasi pada penelitian adalah perawat pelaksana yang berjumlah 35 orang. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 responden.

Hasil: Skor kecemasan sebelum pemberian terapi guided imagery yaitu kecemasan ringan sebanyak 7 responden, kecemasan sedang sebanyak 10 responden dan kecemasan berat sebanyak 3 responden. Skor kecemasan setelah terapi guided imagery terbanyak yaitu tidak cemas sebanyak 6 responden, kecemasan ringan sebanyak 11 responden dan skor kecemasan sedang sebanyak 3 responden.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh terapi teknik guided imagery terhadap penurunan tingkat Kecemasan Pada remaja korban bullying di lingkungan SMP N 2 Telaga.

Keywords


Ansietas, Bullying, Remaja

Full Text:

PDF

References


Aeni, N., Zam, Z., Novianti, E., Kesehatan, F. I., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2020). Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Remaja yang Mengalami Bullying The Effect of Family Support on Anxiety Levels in Teenagers Experience Bullying. 13, 16–21.

Ahmad, N. (2021). Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di sdn sangir kecamatan wajo kota makassar. November, 150–173.

Ajuan, O., Maria, L., & Susanti, N. (2022). Metode Literature Review : Keefektifan Pemberian Terapi Guided Imagery Untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Pada Pasien Gangguan Jiwa Skizofrenia. 4(1), 1–8.

Annisa, D. F. (2016). Konsep Kecemasan ( Anxiety ) pada Lanjut Usia ( Lansia ). 5(2).

Biahimo, N. U. I., & Gobel, I. A. (2010). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DI SMP N 1 TELAGA BIRU

Eperawatan, M. A. K., & Alam, S. E. D. (2024). P ENGARUH G UIDED I MAGERY T ERHADAP T INGKAT K ECEMASAN. 15(1), 164–169.

Hanum, D. M., Ariesti, E., & Sulartri, A. S. (2024). ( The Effect of Meditation Therapy on Stress Levels in Facing Exams Among. 8(2), 155–160.

Jannah, I. N. (2023). Pengaruh Terapi Guide Imagery Terhadap Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Di SMPS Shabilla. 1(3), 16–28.

Kurniasih, E., Kurnia, A., & Widia, C. (2023). TERAPI KOGNITIF DALAM MENURUNKAN KECEMASAN PADA. 23, 32–44.

Nunung J. (2023). Kecemasan pada Lansia Hipertensi

Pada, P., Dengan, R., Dm, R., Sman, D. I., & Tahun, S. (2024). PEMBERIAN GUIDE IMAGERY SEBAGAI TATALAKSANA RESPON. 5, 449–454.

Pardede, J. A. (2020). Standar Asuhan Keperawatan Jiwa Dengan Masalah Kecemasan. 1–4.

Rustini, S. A., & Sari, N. A. (n.d.). No Title.

Sembiring, E. (2020). Jurnal Teknologi , Kesehatan dan Ilmu Jurnal Teknologi , Kesehatan dan Ilmu Sosial. 2(2).

Stuart, W. G., Keliat, A. B., & Pasaribu, J. (2023). Prinsip dan Praktik KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA STUART (A. B. Keliat & J. Pasaribu, Eds.; 2nd ed.). Arragement with Elsevier.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI) (3rd ed., Vol. 1). Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia. WHO. (2023, September 27). Anxiety Disorders.

Wijaya, A., Asmin, E., & Saptenno, L. (2023). Tingkat Depresi dan Ansietas Pada Usia Produktif. 12.

Zaini, M. (2019). Asuhan Keperawatan Jiwa Masalah Psikososial di Pelayanan Klinis dan Komunitas (cetakan pertama). Deepublish




DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v10i02.658

Article Metrics

Abstract viewed : 17 times
PDF files downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot online slot gacor slot