PERBANDINGAN TINGKAT KECEMASAN PENDERITA KANKER SERVIKS YANG SEDANG MENJALANI KEMOTERAPI SEBELUM DAN SESUDAH LATIHAN PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION (PMR) DI SURAKARTA

Vina Yolanda Sari Sigalingging, Shanti Wardaningsih, Yanuar Primanda

Abstract


Latar belakang; Kemoterapi memberikan dampak yang sangat buruk bagi penderita kanker serviks yang sedang menjalaninya, baik dampaik fisik hingga psikologis. Salah satu dampak psikologis dari kemoterapi adalah kecemasan. Latihan yang dapat menurunkan kecemasan pada penderita kanker serviks adalah Progressive Muscle Relaxation (PMR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Progressive Muscle Relaxation (PMR) terhadap tingkat kecemasan pada pasien penderita kanker serviks yang sedang menjalani kemoterapi.

Metode; Design penelitian ini adalah Quasy Experimental Pre-Post Test Design. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden dibagi menjadi dua kelompok, responden penelitian merupakan pasien dengan diagnosa kanker serviks yang sedang menjalani kemoterapi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Hasil; Data yang telah diperoleh kemudian di uji dengan Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh Progressive Muscle Relaxation (PMR) terhadap tingkat kecemasan dengan nilai p-value 0.000.

 

Kata Kunci: Kanker Serviks, Kemoterapi, Kecemasan, Progressive Muscle Relaxation


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v3i1.59

Article Metrics

Abstract viewed : 701 times
Full Text files downloaded : 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.