HUBUNGAN ANTARA GANGGUAN MENSTRUASI (DISMENOREA) DENGAN AKTIFITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI D -III KEBIDANAN
Abstract
Latar Belakang: Remaja putri dalam pergantian dari anak-anak masuk ke dalam remaja adalah perubahan baik secara fisik maupun perubahan hormonal,sehingga anak perempuan akan mengalami menstruasi yang akan dating tiap bulan.Sebanyak 75% Wanita pada tahap remaja akhir akan mengalami gangguan yang berhubungan dengan hormona berkaitan dengan menstruasi.Gangguan menstruasi tidak dialami oleh semua remaja tetapi ada beberapa remaja putri yang mengalami gangguan menstruai yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan fisik maka dapat menggangu anktifitas rutin maupun aktifitas belajar,selain itu jua mengganggu psikologis remaja dalam berfikir atau menhadapi masalah.Gangguan menstruasi yang paling sering menganggu aktifitas belajar adalah dysmenorrhea. Tujuan untuk mengetahui hubungan antara gangguan menstruasi dysmenorrhea dengan aktifitas belajar dengan pada mahasiswa D-III Kebidanan Angkatan 2012
Metode: Penelitian ini dilaksanakan di prodi D-III Kebidan pada mahasiswa kebidanan Angkatan 2012,Desain yang dipakai pasa penelilian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cros sectional Tehnik pengumpulan data dengan Purposive or Judgement Sampling jumlah sampel 69 responden .Data diambil pada mahasiswa yang mengalami gangguan dysmenorrhea. Saat menstruasi.
Hasil: Jumlah 68 responden ,Umur responden mayoritas berumur antara 20-35 tahun sebesar 60,3%, Aktifitas Belajar responden mayoritas masih aktif sebesar 72,1%,Ganguan menstruasi Dismenorea mayoritas dismenorea ringan sebesar 63,2%, Menurut hasil hubungan ada hubungan dengan nilai signifikasi 0,000
Kesimpulan: Ada hubungan antara aktifitas belajar dengan gangguan menstruasi disminorea dengan nilai kearatan 0,602 dengan tingkat keratan sedang
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v8i01.408
Article Metrics
Abstract viewed : 262 timesPDF files downloaded : 178 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.