PENGARUH COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY PADA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TUNA LARAS

Maharso Adhi Nugroho, Eny Purwandari

Abstract


Latar Belakang; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Cognitive Behavioral Therapy terhadap peningkatan motivasi belajar anak tuna laras SLB E Bhina Putera Banjarsari Surakarta.

Metode; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental  yang akan mengungkap bagaimana pengaruh intervensi okupasi terapi menggunakan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) pada peningkatan motivasi belajar anak tuna laras.

Hasil; Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar anak tuna laras baik dalam skor maupun kategori menurut angket motivasi ARCS setelah pemberian intervensi CBT. Rata-rata sebelum pemberian intervensi adalah 2.78 atau dalam kategori motivasi “cukup  baik” dan setelah pemberian intervensi menjadi 3.69 atau dalam kategori “baik”.

Kesimpulan; Berdasarkan analisa data penelitian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh Cognitive Behavioral Therapy pada peningkatan motivasi belajar anak tuna laras.


Keywords


Cognitive Behavioral Therapy, Tuna Laras, Motivasi Belajar

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i02.362

Article Metrics

Abstract viewed : 438 times
Full Text files downloaded : 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.