PENGARUH COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY PADA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TUNA LARAS
Abstract
Latar Belakang; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Cognitive Behavioral Therapy terhadap peningkatan motivasi belajar anak tuna laras SLB E Bhina Putera Banjarsari Surakarta.
Metode; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental yang akan mengungkap bagaimana pengaruh intervensi okupasi terapi menggunakan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) pada peningkatan motivasi belajar anak tuna laras.
Hasil; Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar anak tuna laras baik dalam skor maupun kategori menurut angket motivasi ARCS setelah pemberian intervensi CBT. Rata-rata sebelum pemberian intervensi adalah 2.78 atau dalam kategori motivasi “cukup baik” dan setelah pemberian intervensi menjadi 3.69 atau dalam kategori “baik”.
Kesimpulan; Berdasarkan analisa data penelitian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh Cognitive Behavioral Therapy pada peningkatan motivasi belajar anak tuna laras.
Keywords
Full Text:
Full TextDOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i02.362
Article Metrics
Abstract viewed : 785 timesFull Text files downloaded : 272 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.