PENGARUH EDUKASI ANEMIA DAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) BERBASIS ONLINE TERHADAP PERILAKU DIET REMAJA PUTRI

Suminto Suminto, Anggorowati Anggorowati, Nur Setiawati Dewi

Abstract


Latar Belakang: Perubahan fisik pada remaja seringkali memunculkan permasalahan tersendiri, salah satunya adalah permasalahan berat badan. Perilaku diet merupakan salah satu upaya dalam penurunan berat badan, dan apabila tidak terkontrol akan berdampak terhadap peningkatan resiko terjadinya permasalah gizi pada remaja. Penelitian tentang pengaruh edukasi anemia dan KEK berbasis online terhadap perilaku diet remaja putri belum tersedia sehingga, penelitian ini perlu dilakukan untuk melihat pengaruh intervensi tersebut. Tujuan penelitian untuk membuktikan pengaruh pengaruh edukasi anemia dan KEK berbasis online terhadap perilaku diet remaja putri.

Metode; Metode penelitian menggunakan quasy experiment dengan rancangan pre-test post-test with control group design. Sampel penelitian adalah remaja putri yang memenuhi kriteria inklusi berjumlah 70 responden yang terdiri atas 35 responden masing-masing pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Edukasi anemia dan KEK diberikan 2 kali dalam satu minggu selama 3 minggu melalui media online menggunakan aplikasi video conference (zoom). Data diambil melalui penilaian kuesioner Eating Attitudes Test (EAT-26) dan kuesioner fad diets.

Hasil; Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh edukasi anemia dan KEK berbasis online terhadap perilaku diet remaja putri dengan p value sebesar 0,000 (<0,05).

Kesimpulan; Terdapat pengaruh edukasi anemia dan KEK berbasis online terhadap perilaku diet remaja putri

 

Kata kunci: Perilaku Diet, Remaja Putri, Edukasi Berbasis Online

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i01.344

Article Metrics

Abstract viewed : 471 times
Full Text files downloaded : 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.