PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MANAJEMEN STRES TERHADAP TEKANAN DARAH PENDERITA HIPERTENSI

Rahmawati Rahmawati, Budi Novi

Abstract


Latar belakang; Hipertensi merupakan penyakit sirkulasi darah yang sebagian kasusnya dimasyarakat belum terdiagnosis. Penanganan hipertensi tidak hanya ditekankan pada terapi farmakologis saja, tetapi juga diperlukan terapi nonfarmakologis yaitu pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya memanajemen stres agar dapat memperoleh target tekanan darah yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan manajemen stres terhadap tekanan darah penderita hipertensi di Desa Sugihan Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

Metode; Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan time series design. teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dan didapatkan 11 responden yang menderita hipertensi, dengan cara memberikan pendidikan kesehatan mengenai manajemen stres. Responden diukur tekanan darahnya sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa pendidikan kesehatan manajemen stres. Intervensi diberikan selama 4 kali.

Hasil; Hasil penelitian menunjukkan pendidikan kesehatan manajemen stres untuk penderita hipertensi dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon dapat diketahui bahwa ada perbedaan tekanan darah awal dan akhir. Dimana hasil signifikansi sig 2-tailed 0,003 < 0,05.

Kesimpulan; Berdasarkan hasil uji Wilcoxon disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian pendidikan kesehatan manajemen stres terhadap tekanan darah penderita hipertensi di Desa Sugihan Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.  

 

Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Manajemen Stres, Tekanan Darah

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v2i1.33

Article Metrics

Abstract viewed : 552 times
Full Text files downloaded : 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.