GAMBARAN STRES AKADEMIK PADA DOSEN UNIVERSITAS YANG MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19

Anggraini Dwi Larasati, Madyo Maryoto, Noor Rochmah Ida Ayu

Abstract


Latar Belakang: Pembelajaran online efektif menekan penyebaran covid-19 di perguruan tinggi. Namun, tuntutan dan kendala selama proses perkuliahan atau pembelajaran online, menyebabkan dosen mengalami stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran stres akademik pada dosen Universitas Harapan Bangsa yang melaksanakan pembelajaran online pada masa pandemi covid-19

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi cross sectional. Sampel yang digunakan adalah 50 sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi masing-masing variabel

Hasil : Hasil penelitian mengungkapkan bahwa responden dalam penelitian ini didominasi oleh responden perempuan, dengan usia dewasa awal dengan status tidak bekerja/dosen biasa dan dengan status tempat tinggal, sebagian besar responden tinggal bersama keluarga inti. Sebagian besar responden dengan stres akademik sedang

Kesimpulan : Tenaga pengajar atau dosen terbiasa memberikan pembelajaran secara tatap muka sehingga dengan adnaya perubahan metode pembelajaran membuat dosen menjadi cemasa dan stress. Hal ini perlu mendapatkan perhatian guna mengatasi stress agar kejadian stress tidak bertambah banyak

 

Kata kunci; Stress Akademik, Dosen Universitas, Pandemi Covid-19


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i2.312

Article Metrics

Abstract viewed : 187 times
Full Text files downloaded : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.