PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PROSES PENALARAN KLINIS PADA MAHASISWA KEPERAWATAN: LITERATURE REVIEW
Abstract
Penalaran klinis (clinical reasoning) merupakan suatu keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang tenaga kesehatan salah satunya adalah perawat. Seorang perawat harus memiliki kemampuan penalaran, sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat. Metode Pembelajaran PBL dapat menjadi strategi pengajaran yang efektif yang dapat digunakan dalam pendidikan klinis untuk meningkatkan keterampilan penalaran klinis mahasiswa keperawatan. Oleh karena itu PBL dapat meningkatkan keterampilan penalaran klinis mahasiswa keperawatan dengan menggunakan pendekatan pengajaran yang dikembangkan dengan baik melibatkan kegiatan pembelajaran PBL. Tujuan dari penulisan ini untuk menjelaskan konsep dasar penalaran klinis, proses penalaran klinis dan bagaimana pengaruh PBL terhadap penalaran klinis.
Kata Kunci : Penalaran Klinis, Problem Based Learning
Full Text:
Full TextDOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v5i1.216
Article Metrics
Abstract viewed : 1429 timesFull Text files downloaded : 1121 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.