PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PROSES PENALARAN KLINIS PADA MAHASISWA KEPERAWATAN: LITERATURE REVIEW

Mulyati Tahisa, Wiwik Kusumawati

Abstract


Penalaran klinis (clinical reasoning) merupakan suatu keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang tenaga kesehatan salah satunya adalah perawat. Seorang perawat harus memiliki kemampuan penalaran, sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat. Metode  Pembelajaran PBL  dapat menjadi strategi pengajaran yang efektif yang dapat digunakan dalam pendidikan klinis untuk meningkatkan keterampilan penalaran klinis mahasiswa keperawatan. Oleh karena itu PBL dapat meningkatkan keterampilan penalaran klinis mahasiswa keperawatan dengan menggunakan pendekatan pengajaran yang dikembangkan dengan baik melibatkan kegiatan pembelajaran PBL. Tujuan dari penulisan ini untuk menjelaskan konsep dasar penalaran klinis, proses penalaran klinis dan bagaimana pengaruh PBL terhadap penalaran klinis.

 

Kata Kunci : Penalaran Klinis, Problem Based Learning


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v5i1.216

Article Metrics

Abstract viewed : 1098 times
Full Text files downloaded : 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.