HUBUNGAN ANTARA KEANDALAN DAN CEPAT TANGGAP PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG TERATAI RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK
Abstract
Latar Belakang : Pelayanan kesehatan yang baik adalah memberikan pelayanan yang efektif, aman, dan berkualitas tinggi kepada mereka yang membutuhkannya dengan didukung oleh sumber daya yang memadai, jika ditemukan pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien dibawah 95% maka dianggap pelayanan kesehatan yang diberikan belum memenuhi standar minimal atau belum maksimal. Hasil survey kepuasan pasien yang dilakukan di RSUD Sunan Kalijaga Demak angka kepuasan pasien masih dibawah 95%. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan hubungan antara keandalan dan cepat tanggap perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Teratai RSUD Sunan Kalijaga Demak.
Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 88 responden.
Hasil : Hasil chi square menunjukkan ada hubungan antara keandalan, cepat tanggap, dan empati perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Teratai RSUD Sunan Kalijaga Demak (p = 0,001; dan p = 0,029).
Simpulan : Variabel keandalan perawat mempunyai nilai hubungan tertinggi terhadap kepuasan pasien di ruang Teratai RSUD Sunan Kalijaga Demak dibandingkan dengan variablel cepat tanggap
Kata kunci; Keandalan, Cepat Tanggap, Kepuasan Pasien
Full Text:
Full TextDOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v5i1.212
Article Metrics
Abstract viewed : 343 timesFull Text files downloaded : 112 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.