PERAN YOGA DALAM MENURUNKAN KECEMASAN PADA PASIEN JANTUNG

Arif Mujiono, M. Ali Sobirin, Chandra Bagus Ropyanto

Abstract


Latar belakang; Kecemasan pada penyakit jantung dapat mempengaruhi program pengobatan karena kecemasan dapat mengurangi kemampuan adaptif terhadap dampak penyakit. Yoga sebagai bagian dari terapi pendamping medis farmakologis dapat menurunkan kecemasan, namun mekanismenya masih belum dipahami sehingga yoga jarang direkomendasikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran yoga terhadap penurunan kecemasan pada pasien dengan penyakit  jantung.

Metode: Review artikel dilakukan terhadap jurnal yang berkaitan dengan pengaruh yoga terhadap kecemasan pada pasien penyakit jantung. Jurnal penelitian diambil dari publikasi internasional ; Medline, Sciencedirect dan Google Scholar yang berbahasa Inggris dan dipublikasikan pada tahun 2013 sampai tahun 2019. Kata kunci yang digunakan : Yoga, anxiety/stress in Heart Disease.

Hasil: Didapatkan 8 artikel dengan desain systematic review, RCT, cohort study dan studi kualitatif  yang relevan terhadap pengaruh yoga dalam menurunkan kecemasan pada pasien penyakit jantung.

Kesimpulan: Yoga aman dan berpengaruh terhadap penurunan kecemasan pasien penyakit jantung, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan mekanisme yoga dapat menurunkan kecemasan pada pasien dengan penyakit jantung.

                                 

Kata kunci; Yoga, Kecemasan, Penyakit Jantung


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v5i1.209

Article Metrics

Abstract viewed : 1051 times
Full Text files downloaded : 733 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.