GAMBARAN EVALUASI TERAPI YOGA EYE EXERCISE PADA PENGRAJIN KERAWANG DI DESA MONGOLATO KECAMATAN TELAGA

Rona Febriyona, Andi Nuraina Sudirman, Siti Nuria Taliki

Abstract


Latar belakang:  Yoga eye exercise merupakan serangkaian gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang oleh organ mata untuk melatih otot-otot mata sehingga mampu mengurangi ketidaknyamanan penglihatan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis gambaran evaluasi terapi yoga eye exercise pada pengrajin kerawang di desa Mongolato

Metode: Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Populasi dalam penelitian ini semua pengrajin kerawang di Desa Mongolato Kecamatan Telaga yang berjumlah 16 orang dan sampel yang akan digunakan dalam penelitian sebanyak 6 orang.

Hasil: Hasil wawancara dalam 3 aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomorik, peneliti mendapatkan bahwa seluruh partisipan dalam penerapan terapi ini masih pada tahap rendah dikarenakan para partisipan mengalami berbagai hambatan, seperti kesibukan dan kurangnya waktu untuk melakukan terapi

Kesimpulan: Evaluasi terapi Yoga Eye Exercise pada pengrajin kerawang di Desa Mongolato menunjukkan bahwa dari hasil wawancara dalam 3 aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomorik, peneliti mendapatkan bahwa seluruh partisipan dalam penerapan terapi ini masih pada tahap rendah karena berbagai hambatan, seperti kesibukan dan kurangnya waktu.

Kata kunci : Pengrajin Karawang, Terapi Yoga eye exercise

Full Text:

PDF

References


Agustarika, B., Aggreni, Y. S., Fabanyo, R., Lumenta, D., Alwi, M. N., & Trihadi, D. (2024). Terapi Kelompok Terapeutik Berbasis Interpersonal Pada Remaja. Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Aminudin, Husain, N. H., & Batalipu, R. (2021). Pemberdayaan Usaha Karawo Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo Selama Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 52–60.

Baga, M., & Basalama, N. (2022). Keragaman Budaya Penyangga Geopark Gorontalo. Gorontalo: Ideas Publishing.

Butang, R. B., Febriyona, R., & Sudirman, A. N. A. (2024). Pengaruh Pemberian Yoga Eye Exercise Terhadap Kelelahan Mata Pada Pengrajin Kerawang Di Desa Mongolato. Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan), 12(2), 85–94.

Dewi, R. I., & Novia, V. R. (2020). Pengaruh Senam Yoga Eye Exercise Terhadap Penurunankelelahan Mata Pada Pekerja Di Divisi Redaksi Padang Ekspres. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1), 37–41. https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v6i1.193

Febriyona, R., Masaong, K., & Thalib, Z. (2024). Pengaruh Pencahayaan, Lama Kerja dan Warna Kain Pengrajin Kerawang Terhadap Kelelahan Mata Di Desa Mongolato Kecamatan Telaga. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 830–839.

Frisca, S., Purnawinadi, I. G., Ristonilassius, Yunding, J., Panjaitan, M. D., Khotimah, … Pangaribuan, S. M. (2022). Penelitian Keperawatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ismail, M. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik dan Prosedur. Depok: Rajawali Pers.

Kemenkes RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI). Jakarta: Kemenkes BKPK.

Koniyo, M. H. (2016). Pemodelan Sistem Motif Karawo Berdasarkan Karakter dan Jenis Acara. Jurnal Teknik Volume, 14(1), 23–32.

Kusmiyati. (2022). Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran. Lombok: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.

Laisa, S. L. M., & Rosidi, M. I. (2023). Karawo : Simbol Identitas Budaya Gorontalo. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 12001–12012.

Maryoto, A. (2019). Mengenal Mata dan Cara Merawatnya. Semarang: Alprin.

Maulani, G., Septiani, S., Susilowaty, N., Rusmayani, N. G. A. L., Sukamdi, Evendy, S. S., & Lasri. (2023). Evaluasi Pembelajaran. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.

Nasir, M. (2015). Perlindungan Hukum Hak Cipta Motif Kerajinan Karawo Di Provinsi Gorontalo Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. AkMen JURNAL ILMIAH, (28), 330–344.

Sari, N. K., Maryen, Y., & Oktavia, I. (2022). Science Midwifery The Effect of Eye Exercise on Eye Fatigue on Computer Users. Science Midwifery, 10(5), 2721–9453.

Sholihan, Rusmayani, N. G. A. L., Udil, P. A., Shalehati, N. A., Hafizi, Z., Yuliani, & Aran, A. (2024). Evaluasi Pembelajaran. Maros: Cedekia Publisher.

Solikah, S. N., Hasnah, K., & Marni. (2022). Monograf Senam Mata untuk Pencegahan Miopia. Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Supriyadi. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Tarnoto, K. W., & Yasmin, Y. (2023). Penurunan Astenopia Dengan Penerapan Intervensi Yogic Eye Exercise Volume 5 Nomor 1 Maret 2023. Jurnal Keperawatan Dirgahayu, 5(1), 1–8.

Tawakkal, G. T. I., & Roham, A. Z. F. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UB Press.

WHO. (2023). Blindess and Vision Impairment.

Yanto, Benedictus, R., Hidajat, L., Dua, M., Movi, M., & Handayani. (2019). Engineering Psychology. Jakarta: Ikatan Penerbit Indonesia.

Yuliani, L. (2022). Evaluasi Pembelajaran Masyarakat. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v10i02.681

Article Metrics

Abstract viewed : 11 times
PDF files downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot online slot gacor slot