PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SDN 1 RANCAMAYA KECAMATAN CILONGOK
Abstract
Latar belakang: Konsentrasi merupakan suatu aspek yang penting dalam bidang pendidikan agar dalam suatu proses pembelajaran akan mencapai pada indikator keberhasilan. Semakin tinggi konsentrasi siswa maka semakin cepat menangkap materi, semakin rendah konsentrasi belajar siswa maka akan semakin sulit dalam menerima materi, maka dari itu diperlukan treatment untuk meningkatkan fungsi kognitif dengan menggunakan metode senam otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap konsentrasi belajar siswa di SDN 1 Rancamaya Kecamatan Cilongok.
Metode: Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain pre eksperimental one group pre test-post test design dengan jumlah responden 31 kelas 5 SDN 1 Rancamaya Kecamatan Cilongok dengan teknik total sampling. Gambaran konsentrasi diukur pada saat sebelum dan sesudah di berikan terapi intervensi senam otak. Analisis bivariat menggunakan uji paired T test.
Hasil: Hasil skor pretest menunjukkan bahwa rata-rata konsentrasi belajar siswa setelah diberikan senam otak sebesar 32,42. Sedangkan hasil posttest menunjukkan rata-rata konsentrasi belajar siswa setelah dilakukan senam otak sebesar 37,42. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara senam otak terhadap konsentrasi belajar siswa di SDN 1 Rancamaya Kecamatan Cilongok dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar < 0,001.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian implikasi yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi di instansi pendidikan mengenai pentingnya dilaksanakannya senam otak.
Kata kunci : Sekolah Dasar, konsentrasi, belajar, treatment, senam otak.
Full Text:
PDFReferences
Anggiani, M. V., & Jebul, S. (2024). Pengaruh Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP Islam Moga. https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/16351
Basuki, H. O., & Faizah, H. N. (2020). Efek Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa di Stikes Nu Tuban The Effect of Brain Gym on the Learning Concentration of Student in Stikes Nu Tuban. Jurnal Keperawatan, 11(1), 38–44.
Bili, L. D., & Dewi, M. (2019). Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 68–78. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index
Fajriani, P. N., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Penerapan Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V a Di Sd Katolik Ricci 2. 339–343.
Juita. (2020). Identifikasi Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Schrödinger:Journal of Physics Education (SJPE), 1(1), 24–29.
Nurmayunita, H. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Kolase Terhadap Konsentrasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Berbasis Inklusi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(2), 57–66.
Nuryana, A. (2010). Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak. Ilmiah Berkala Psikologi, VOl.12 No., 88–98.
Pramesti, T. A., Sastrawan, K. B., & Wardhana, Z. F. (2018). Pengaruh Brain Gym Terhadap Tingkat Konsnetrasi Belajar Pada Anak Sekolah di SD Negeri 1 Tonja Denpasar. Bali Health Journal, 2(1).
Rahayu, D., Dwi, D., & Rahmah, N. (2022). Terapi Brain Gym : Memusatkan Perhatian sebagai Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa. 6, 404–409.
Septian, R., Darajat, J., & Suntoda, A. (2018). Machine Translated by Google Jurnal Pengajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Melalui Penerapan Brain Gym Machine Translated by Google. Jurnal Pengajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar, 2(229), 11–14.
Sulistiani, Sriyono, & Nurhidayati. (2013). Pengaruh Gender, Gaya Belajar dan Reinforcement Guru Terhadap prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purworejo, 3(2).
DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v9i02.571
Article Metrics
Abstract viewed : 0 timesPDF files downloaded : 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.