PEER DAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SAAT PRAKTIK LAPANGAN PROGRAM D-III KEPERAWATAN

Wahyu Riniasih, Titih Huriah, Novita Kurniasari

Abstract


Latar belakang: Penerapan metode assesment tidak banyak mendapatkan perhatian. Proses assessment dilakukan tanpa melibatkan mahasiswa akibatnya mahasiswa tidak interest terhadap proses pembelajaran dengan metode assessment yang ada sehingga mahasiswa yang aktif saja yang mau mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar mahasiswa saat praktik lapangan pada kelompok peer dan authentic assessment dengan kelompok authentic assessment.Metode: jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non experiment dengan rancangan penelitian deskriptif komparatif.Subyek penelitian mahasiswa STIKES An Nur semester VI D III perawat dengan total sampling, jumlah responden 119 mahasiswa. Normalitas data dengan kolmogorov-smirnov test dengan hasil r<0,001. Analisis data menggunakan wilcoxon dan Mann Whitney test.Hasil: penelitian terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelompok A dan kelompok B dengan hasil r<0,001.Peer assessment dilakukan antar mahasiswa sehingga memungkinkan mahasiswa untuk terlibat secara langsung dalam penilaian, mahasiswa menjadi aktif, percaya diri dan termotivasi dalam belajar.Kesimpulan: terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar pada mahasiswa D III Keperawatan STIKES An Nur Purwodadi saat praktik klinik lapangan. 

Kata Kunci : Authentic Assessment, Motivasi Belajar, Peer Assesment


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v3i1.53

Article Metrics

Abstract viewed : 170 times
Full Text files downloaded : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.