HUBUNGAN PENERAPAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI 2 TODANAN KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA
Abstract
Latar Belakang: Keluarga merupakan lingkungan pertama di mana seorang anak berinteraksi secara intensif. Interaksi dalam keluarga, termasuk komunikasi verbal maupun nonverbal dapat membentuk pemahaman anak tentang emosi. Komunikasi dalam keluarga memiliki peran penting dalam perkembangan emosi anak. pola komunikasi yang baik antara orang tua dan anak dapat membantu anak belajar menanggapi orang lain, mengenal diri, dan mengelola emosinya.
Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain penelitian cross sectional dengan pendekatan korelasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditunjukan kepada orang tua untuk memperoleh data pola komunikasi keluarga dan perkembangan emosi anak. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling dan didapatkan 35 responden.
Hasil: Berdasarkan analisis uji spearman rank diperoleh nilai signifikansi atau sig. (2- tailed) sebesar 0,001, karena nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,005, maka Ho ditolak sehingga Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pola komunikasi keluarga dengan perkembangan emosional pada anak TK Pertiwi 2 Todanan.
Kesimpulan: Dari hasil penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan penerapan pola komunikasi keluarga dengan perkembangan emosi anak usia prasekolah di TK Pertiwi 2 Todanan
Kata Kunci: pola komunikasi keluarga, perkembangan emosi, anak usia prasekolah
Kepustakaan: 45 (2010-2022)
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Y. Y., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1),
–25.
Aziz. (2012). pola Komunikasi Keluarga Terhadap
Perkembangan Emosional Anak.Jakarta:Rineka Cipta.
Budiman & Riyanto (2013). Pola Komunikasi Dalam
Keluarga. Pustaka Belajar.
Djamarah (2014).pola Komunikasi Keluarga Terhadap Perkembangan Emosional Anak.Jakarta:Rineka Cipta.
Drupadi & Syafrudin (2019) .Pola Komunikasi Keluarga Dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasikeluarga Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(4).
Goleman, D. (2019). Kecerdasan Emosional, Mengapa Ei Lebih Penting Daripada Iq. Terjemahan T.
Hermaya. Pt Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock. (2013). Hubungan Antara Pola Komunikasi Keluarga Dengan Perilaku Agresif Siswa Sma Tiga Maret (Gama) Yogyakarta
Martini. (2012). Berpisah- Menyatu Dan Berbagi Ruang Rindu Di Media Baru Dalam Ilmu Komunikasi : Sekarang Dan Tantangan Masa Depan.
Rahmawati, muragmi gazali. (2018). Pola
Komunikasi Dalam Keluarga. Jurnal Al- Munzir, Volume 11,
Nomor 2, 163–181.
Sugiyono, (2020) Populasi dan sampel terdiri atas subjek dan objek, PDAM Tirta Pinang Kota Pangkalpinang,hlm 58
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogia
Yulsyofriend (2013). Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga. Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v9i01.497
Article Metrics
Abstract viewed : 312 timesPDF files downloaded : 22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.