PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK KELAS 5-6 DI SDN 2 KENTENG KECAMATAN TOROH
Abstract
Latar Belakang; Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan tahun 2020, di Jawa Tengah terdapat 7,4% populasi anak usia Sekolah Dasar untuk kasus penurunan konsentrasi dan minat belajar anak. Sebanyak 5,2% anak usia Sekolah Dasar mengalami penurunan konsentrasi belajar dan penurunan minat belajar pada anak, serta diperkirakan akan meningkat dua kali lipat setiap 5 tahun mencapai lebih dari 45%. Ada beberapa cara untuk mengatasi gangguan konsentrasi salah satunya adalah Brain Gym. Brain Gym merupakan gerakan sederhana yang mengoptimalkan kerja otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar.
Metode; Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Desain (eksperimen semu) dengan rancangan Pretest and Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dan didapatkan 36 responden dengan kelompok eksperimen atau yang dilakukan brain gym 18 responden, dan kelompok kontrol atau tidak dilakukan brain gym 18 responden.
Hasil; Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar pada anak dengan hasil Paired T-Test p value (0,090) > 0,05.
Kesimpulan; Ada pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar pada anak kelas 5-6 di SDN 2 Kenteng Kecamatan Toroh.
Kata Kunci; Brain Gym, Konsentrasi Belajar
Daftar Pustaka; 36 (2010-2021)
Full Text:
PDFReferences
Ali, M., & Aminoto, T. (2018). Brain Gym Dapat Meningkatkan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Stei Indonesia Rawamangun Jakarta Timur. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 5(2), 173–178. https://doi.org/10.32668/jitek.v5i2.7
Ambarsari, M. P. (2020). Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VI Di MI Miftahul Ulum Sidowungu Kabupaten Gresik. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Bili, L. D., & Dewi, M. (2019). Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 68–78. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index
Chyquitita, T., Winardi, Y., & Hidayat, D. (2018). Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI IPA dalam Pembelajaran Matematika di SMA XYZ Tangerang. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 14(1), 39–52.
Ikbal, B., Sutria, E., & Hidayah, N. (2019). Pengaruh Senam Otak terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Islamic Nursing, 2, 52–59.
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Panzilion, Andri, J., & Padila. (2021). Therapy Brain Gym Terhadap Short Memory Anak Retardasi Mental. 4(February), 6.
Pramesti, T. A., Sastrawan, K. B., & Wardhana, Z. F. (2020). Pengaruh Brain Gym Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Anak Sekolah. Bali Health Journal, 2(1), 13–22.
Purwanto, N. (2021). EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Sartika, H. A. (2019). Pengaruh Brain Gym Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Mojolangu 02. Universitas Muhammadiyah Malang, 3, 54.
Yulianti, Y., & Yanti, Y. (2019). Senam Otak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Kober Qurrotu’Ain Al Istiqomah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(6), 10. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i6.p10-16
DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v8i02.440
Article Metrics
Abstract viewed : 485 timesPDF files downloaded : 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.