PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENSTRUASI TERHADAP KESIAPAN PSIKOLOGIS SISWI KELAS 5 DAN 6 SD DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SD NEGERI 01 DANYANG

Yesita Ragil Kusumaningrum

Abstract


Latar belakang: Pendidikan kesehatan merupakan upaya memberikan penjelasan kepada perorangan, kelompok atau masyarakat untuk menumbuhkan pengertian dan kesadaran mengenai perilaku sehat atau kehidupan yang sehat. Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat. Pada wanita, pubertas ditandai dengan menstruasi pertama (menarche), sehingga dari masa ini sangat diperlukan pemberian informasi melalui pendidikan kesehatan tentang menstruasi guna mengatasi ketidaksiapan psikologis tentang perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstruasi terhadap kesiapan psikologis siswi kelas 5 dan 6 SD dalam menghadapi menarche di SD Negeri 01 Danyang, Purwodadi, Grobogan Jawa Tengah. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian  pre exsperimental designs dengan mengunakan rancangan penelitian one group pretest posttest designs. Populasi terdiri dari siswi kelas 5 dan 6 yang belum mengalami menstruasi sebanyak 56 siswi di SD Negeri 01 Danyang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling sejumlah 20 responden. Alat ukur berupa kuesioner tentang kesiapan psikologis menghadapi menarche berjumlah 19 pertanyaan. Uji analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini dalah uji dependent t-test 2 tail .

Hasil: Berdasarkan uji t-tes 2 sampel dependent hasil t hitung (-13262), p = 0,000 < ?(0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstruasi terhadap kesiapan psikologis siswi kelas 5 dan 6 SD dalam menghadapi menarche di SD Negeri 01 Danyang, Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah dibuktikan dengan perbedaan kesiapan psikologis siswi sebelum (5%) dengan sesudah (90%) diberikan pendidikan kesehatan. Diharapkan pemberian pendidikan kesehatan diberikan kepada siswi pra remaja sedini mungkin untuk mengatasi ketidaksiapan psikologis dalam menghadapi menarche.

Kesimpulan:

 

Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Kesiapan Psikologis, Menarche

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v6i02.317

Article Metrics

Abstract viewed : 258 times
Full Text files downloaded : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.