PEMBELAJARAN IPA MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA PETA KONSEP DAN RIIL LINGKUNGAN PADA MAHASISWA D3 STIKES AN NUR PURWODADI

Agung Setyawan, Mingle A Pistanty

Abstract


Latar Belakang; tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum learning dengan media peta konsep dan media lingkungan riil terhadap prestasi belajar IPA.

Metode; Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, kelas yang pertama menggunakan pembelajaran model quantum learning dengan media peta konsep dan yang kedua menggunakan lingkungan riil. Populasi adalah seluruh D3 Mahasiswa Keperawatan semester 1, sejumlah 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tesuntuk prestasi kognitif dan kemampuan memori, dengan angket untuk kreativitas. Uji hipotesis menggunakan anava tiga jalan sel taksama dengan bantuan software mini tab 15.

Hasil; Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulkan tidak ada pengaruh model pembelajaran  quantum learning dengan media peta konsep dan lingkungan riil terhadap prestasi belajar IPA mahasiswa D3 STIKES An- Nur Purwodadi.

 

Kata Kunci :Quantum Learning, Media Peta Konsep, Lingkungan Riil


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v3i2.127

Article Metrics

Abstract viewed : 159 times
Full Text files downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.