PEER DAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN PERFORMANCE MAHASISWA SAAT PRAKTIK LAPANGAN PROGRAM D III KEPERAWATAN

Wahyu Riniasih, Wahyu Dewi Hapsari

Abstract


Latar belakang: Penerapan metode assesment tidak banyak mendapatkan perhatian. Proses assesment dilakukan tanpa melibatkan mahasiswa akibatnya mahasiswa tidak interest terhadap proses pembelajaran dengan metode assesment yang ada sehingga mahasiswa yang aktif saja yang mau mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan performance mahasiswa saat praktik lapangan pada kelompok saat peer assessment dan kelompok saat authentic assesment Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non experiment dengan rancangan penelitian deskriptive komparatif. Subyek penelitian mahasiswa STIKES An Nur semester VI D III perawat dengan total sampling, jumlah responden 60 mahasiswa. Normalitas data dengan kolmogorov-smirnov test dengan hasil r<0,001. Analisis data menggunakan  wilcoxon test.Hasil: Hasil penelitian terdapat perbedaan performance mahasiswa pada saat peer assesment dengan saat authentic assessment dengan hasil r<0,001. Terdapat perbedaan performance mahasiswa  yang signifikan antara peer assessment dan authentic assessment dengan hasil r<0,001. Peer assesment dilakukan antar mahasiswa sehingga memungkinkan mahasiswa untuk terlibat secara langsung dalam penilaian, mahasiswa menjadi aktiv, percaya diri dan termotivasi dalam belajar.Kesimpulan: Terdapat perbedaan peningkatan performance pada mahasiswa D III Keperawatan STIKES An Nur Purwodadi saat praktik klinik lapangan.

 

Kata Kunci : Performance Mahasiswa, Peer Assesment, Authentic Assesment


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v2i1.85

Article Metrics

Abstract viewed : 120 times
Full Text files downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.