GAMBARAN KONDISI KESEIMBANGAN PASIEN BENIGN PAROXYSMAL POSITIONAL VERTIGO (BPPV) DI RSUD dr. SOEDONO MADIUN

Puji Tri Hastuti, Elsye Maria Rosa, Moh Afandi

Abstract


Latar Belakang; Benign  Paroxysmal  Positional  Vertigo  (BPPV) merupakan gagguan vestibuler yang paling sering dijumpai, memiliki gejala rasa pusing berputar diikuti mual dan muntah serta keringat dingin. BPPV mengakibatkan terjadi penurunan sistem vestibular sehingga menyebabkan terganggunya keseimbangan.

Tujuan : Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi keseimbangan pasien BPPV.

Metode : Penelitian ini merupakan peneilitian deskriptif kuantitatif. Pemilihan responden menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 orang.

Hasil : Kondisi keseimbangan pasien BPPV didapatkan responden yang bisa bertahan 30 detik untuk berdiri di permukaan keras dengan mata tertutup mencapai 76.47% atau 26 orang responden penelitian dan dengan mata terbuka mencapai 52.94 % atau 18 orang responden. Sedangkan pada saat berdiri di permukaan lunak (diatas busa berukuran 40 x 40 cm, dengan tinggi 10 cm) tidak ada responden yang bisa bertahan berdiri selama 30 detik baik dengan mata terbuka ataupun dengan mata tertutup.

Kesimpulan : Pasien vertigo mampu menjaga keseimbangan selama 30 detik dalam kondisi berdiri di permukaan keras, baik dalam kondisi mata tertutup maupun kondisi mata terbuka.

 

Kata Kunci : Benign  Paroxysmal  Positional  Vertigo  (BPPV), Keseimbangan

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v2i2.8

Article Metrics

Abstract viewed : 575 times
Full Text files downloaded : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.