EVALUASI MATA KULIAH KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH MENGGUNAKAN APLIKASI MODEL CIPP (Context Input Process And Product) DI POLTEKKES RS dr. SOEPRAOEN MALANG

Hamidatus Daris Sa'adah, Titih Huriah, Moh Afandi

Abstract


Latar Belakang: Pelaksanaan pembelajaran belum terdapat instrument evaluasi yang mengukur hasil pembelajaran, karena pembelajaran keperawatan bersifat teori dan  praktis. Tujuan penelitian mengevaluasi proses pelaksanaan pembelajaran mata kuliah KMB I ditinjau menggunakan model evaluasi CIPP.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method, desain rancangan eksplanatory desain. Sampel kuantitatif adalah total sampling dan  kualitatif adalah purposive sampling dengan melibatkan mahasiswa, penanggung jawab mata kuliah dan koordinator bagian kurikulum. Data kuantitatif yang didapat dianalisis dengan analisis deskriptif, dilanjutkan analisis kualitatif secara manual dengan pengkategorian makna final kemudian disimpulkan dari kedua analisis tersebut.

Hasil penelitian: Hasil di dapatkan dua tema besar yaitu pada evaluasi context (Ketidaksesuaian jadwal materi pembelajaran dengan silabus; Ketidaksediaan prasarana dan sarana dalam pmbelajaran) dan evaluasi input (Kurangnya variasi metode pembelajaran; dan Kurangnya informasi biaya tentang kegiatan pembelajaran).

Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini didapatkan hasil evaluasi pembelajaran mata kuliah KMB I dengan menggunakan aplikasi model CIPP adalah baik, tetapi terdapat kurang kesesuaian pada evauasi context dan input.

 

Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran, Model CIPP, KMB I, Mahasiswa, Prodi DIII Keperawatan


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v2i2.6

Article Metrics

Abstract viewed : 506 times
Full Text files downloaded : 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.