EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA) DAN DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) TERHADAP PENGONTROLAN ODOUR (BAU) PADA PASIEN DENGAN LUKA DIABETES MELLITUS DI FATCHUL WOUND CARE

Sutrisno Sutrisno, Daru Puji Hidayat

Abstract


Latar belakang: Pada pasien diabetes mellitus 15% diantaranya menderita ulkus. Dari studi pendahuluan 22 pasien ulkus diabetes di FWCC. 63.64% pasien merawat luka dengan rivanol, 18.18% pasien menggunakan NaCl, 9.09% merawat lukanya dengan betadin dan sisanya 18.18% pasien merawat luka dengan bioplasenton. Tetapi ulkus diabetes tersebut tidak kunjung sembuh dan menimbulkan bau yang menyengat. Wound cleansing menggunakan larutan yang non toksik untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengontrol kontaminasi bakteri lebih lanjut sehingga Odour dapat diminimalisir. Salah satu contohnya dapat menggunakan astringent herbal yaitu larutan rebusan daun jambu biji (Psidium guajava) dan rebusan daun sirih merah (Piper crocatum). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas penggunaan daun jambu biji (Psidium guajava) dan daun sirih merah (Piper crocatum) terhadap pengontrolan odour (bau) pada pasien dengan luka diabetes mellitus Di Fatchul Wound Care.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan pendekatan Postest Only Design. Taknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode accidental sampling dan didapatkan 20 responden.

Hasil; Berdasarkan analisis menggunakan uji Independent sample t-test didapatkan nilai mean : perlakuan wound cleansing menggunakan rebusan daun Psidium guajava dan rebusan daun Piper crocatum sebesar 20.50 dan 12.70. Selain itu, dari hasil uji diperoleh nilai p=0.000 (p < 0.05) yang menunjukan ada perbedaan yang signifikan dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan nilai t=5.876 (> dari t tabel = 1.734) yang berarti bahwa perbedaan tersebut dapat diterima dengan nilai perbedaan rata-rata (mean) sebesar 7.80.

Simpulan; wound cleansing menggunakan rebusan daun Piper crocatum lebih cepat mengontrol odour pada luka diabetes.

 

Kata Kunci : Wound cleansing, Psidium guajava, Piper crocatum dan Odour


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v3i1.57

Article Metrics

Abstract viewed : 1497 times
Full Text files downloaded : 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.