PENGARUH POLA MAKAN TERHADAP KEJADIAN GASTRITIS DI PUSKESMAS PURWODADI I KABUPATEN GROBOGAN

Meity Mulya Susanti, Fitriani Fitriani

Abstract


Latar Belakang: Pola makan adalah suatu cara pemenuhan kebutuhan zat gizi yang meliputi jenis makanan, keteraturan makan, frekuensi makan dan porsi makan yang digunakan sebagai energi tubuh. Pola makan merupakan variabel yang erat kaitannya dengan kejadian gastritis. Gastritis adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh gangguan pada organ lambung melainkan lebih dipicu oleh pola makan yang buruk. Jadi pola makan yang baik merupakan salah satu cara untuk terhindar dari penyakit gastritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh pola makan terhadap kejadian gastritis di Puskesmas Brati Kabupaten Grobogan.

Metode; Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah case control dengan menggunakan pendekatan retrospective yaitu suatu penelitian yang mencari pengaruh antara variabel independent dan dependent yang diidentifikasi pada waktu penelitian dengan melihat faktor resiko atau terjadinya pada waktu yang lalu.

Hasil; Berdasarkan analisa menggunakan komputerisasi dengan uji Chi-Square observed untuk sel a, b, c, d masing – masing 0, 50, 50, 0 sedangkan nilai rownya masing – masing 25%, 25%, 25%, 25%. Dari hasil uji Chi – Square didapatkan nilai p=0,000 < alpha =0,05 jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pola makan terhadap kejadian gastritis di Puskesmas Brati Kabupaten Grobogan.

Simpulan; Dari penelitian diatas dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pola makan terhadap kejadian gastrtitis di Puskesmas Brati Kabupaten Grobogan.

 

Kata Kunci : Pola Makan , Kejadian Gastritis


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v3i1.56

Article Metrics

Abstract viewed : 2939 times
Full Text files downloaded : 1495 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.