FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PUSKESMAS B

Nurmupida Abbas

Abstract


Latar Belakang: Anemia pada kehamilan merupakan salah satu masalah nasional karena mencerminkan nilai kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan pengaruhnya sangat besar terhadap kualitas sumber daya manusia.

Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan antara dua atau lebih variabel penelitian dan menggunakan desain penelitian cross sectional yaitu suatu penelitian dimana variabel-variabel yang termasuk efek diobservasi sekaligus pada waktu yang sama. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh ibu hamil trimester III di Puskesmas Balisoan Kecamatan Sahu Tahun 2023. Diperoleh sampel sebanyak 80 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah metode Simple Random Sampling.

Hasil: Dari 85 responden yang diteliti diperoleh bahwa anemia pada ibu hamil trimester III di Puskesmas B berdasarkan kunjungan ANC (K4) menunjukan presentase tertinggi pada ibu yang melakukan kunjungan secara lengkap yaitu sebesar 46 responden (54,1%), sedangkan ibu yang melakukan kunjungan tidak lengkap sebesar 39 responden (45,9%).

Kesimpulan: Angka kejadian anemia pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Balisoan Kecamatan Sahu Tahun 2023 yang mengalami anemia sebanyak 47 responden (55,3%) sedangkan yang tidak mengalami anemia sebanyak 38 responden (44,7%).

 


Keywords


Anemia, Ibu Hamil, Trimester III

Full Text:

PDF

References


Badan penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta; 2018.

Chandra, Fillius, dkk. Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Hamil dengan Status Anemia. 2019.

Hayati, Herlena dan Evi Martha. Status Gizi dan Sosial Ekonomi sebagai Penyebab Anemia Ibu Hamil. 2020. Kemendikbud RI. KBBI Daring. (https://kbbi.kemdikbud.go.id/)

Kementerian Kesehatan RI. Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan. 2014.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT RinekaCipta.

Nurmasari, Veny dan Sri Sumarmi. Hubungan Keteraturan Kunjungan Antenatal Care dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester III di Kecamatan Maron Probolinggo, 2019.

Putri, Lidia Aditama. Obstetri dan Ginekologi. Gresik: Guepedia Publisher. 2019.

Ramadani, Indri dan Elda Risma. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Lubuk Buaya Padang. 2018.

Ramadhani, Mery. Penyebab Kejadian Anemia Ibu hamil Di Puskesmas Seberang Padang. 2017.

Salulinggi, Armando, dkk. Hubungan Pengetahuan Dan Kepatuhan Ibu Hamil Konsumsi Tablet Tambah Darah Dengan Kejadian Anemia Di Kecamatan Leitimur Selatan Dan Teluk Ambon. 2021.

Sarwono P. Ilmu Kebidanan. Cetakan ke. Jakarta: PT. Bina Pustaka; 2018.

Susiana S. Angka Kematian Ibu : Faktor Penyebab Dan Upaya Penanganannya. Info Singk. 2019;XI(24):13–8.

WHO. Maternal Mortality. 2019. https://www.who.int/en/news- room/fact-sheets/detail/maternal- mortality.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v9i01.509

Article Metrics

Abstract viewed : 52 times
PDF files downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.