PENGARUH PRENATAL MASSAGE TERHADAP PENURUNAN NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PUSKESMAS CEPU KECAMATAN CEPU KABUPATEN BLORA

Amelia Nur Hidayanti, Elizar Elizar, Widi Sagita

Abstract


LatarBelakang.Nyeri punggung adalah salah satu ketidak nyamanan pada kehamilan karena dapatmengganggu aktifitas ibu hamil. Nyeri punggung disebabkan adanya proses adaptasi padatubuh ibu hamil, untuk cara mengatasinya salah satunya dengan memberikan prenatal massase pada ibu hamil. Tujuan Penelitian : Untuk menganalisis pengaruh prenatal massage terhadap penurunan nyeri punggung pada ibu hamil trimester III.

Metode:Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengandesainpenelitian one group pretest-posttest design. Populasi adalah ibu hamil yang mengalami nyeri punggung.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 38 orang. Uji statistik yang digunakan adalah uji paried T test.

Hasil:Terdapat perbedaan nyeri punggung sebelum dan sesudah dilakukan prenatal massage terhadap pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Cepu Kecamatan Cepu Kabupaten Blora dengan nilai Sig. (2-tailed)/ p= <0,001.

Kesimpulan:Diharapkan ibu hamil dapat melakukan terapi prenatal massage secara rutin sebagai alternatif untuk mengurangi nyeri punggung.


Keywords


Prenatal Massage, Nyeri Punggung Bawah, Ibu Hamil Trimester III

Full Text:

PDF

References


A, Gharaibeh, et al. 2018. Prevalence of Low Back Pain in Pregnant Women and the Associated Risk Factors. Journal of Orthopedics & Bone Disorders, 2 (1): 000157.

Adriyani, M., Wirjatmadi, B. 2016. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Carvalho, MECC. 2017. Low Back Pain During Pregnancy. Rev Bras Anestesiol, 67(3): 266-270.

Carvalho, MECC. 2017. Low Back Pain During Pregnancy. Rev Bras Anestesiol, 67(3): 266-270.

Dewi, et al. 2019. Pengaruh Kinesio Taping Terhadap Intensitas Low Back Painpada Kehamilan Trimester III. Indonesian Journal of Obstetrics & Ginecology Science, Volume 2 Nomor 1

Fitria, Ika, A. 2019. Kebidanan Komplementer. Yogyakarta: Pustaka Baru. Hakiki. (2015). Efektifitas Terapi Air Hangat Terhadap Nyeri Tulang Belakang Pada Ibu Hamil Di Wilayah KerjaPuskesmas Pisangan. Laporan penelitian. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hatini, E. E. 2019. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Malang: Wineka Media.

Ihca (Indonesia Holistic care Association). 2014. Touch Training: Developing Mom, Baby Massage And Spa. Semarang.

Intarti, Pusitasari. 2017. Kontribusi Senam Ibu Hamil Trimester III dalam Pengurangan Nyeri Pinggang di Wilayah Ekskotatif Cilacap. Journal Ilmiah Kebidanan,Vol. 8. No. 1: 17-27.

Manyozo, Steven, D, et al. 2019. Low Back Pain During Pregnancy. Alawi Medical Journal, 31 (1): 71-76

Marmi. 2017. Asuhan Kebidanan Pada Masa Antenatal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Megasari, Miratu, dkk. 2015. Panduan Belajar Asuhan Kebidanan. Yogyakarta: Deepublish

Nurasih, Nurkholifah. 2016. Intensitas Nyeri Antara Pemberian Kompres Air Hangat Dengan Massage Punggung Bagian Bawah Dalam Proses Persalinan Kala I Fase Aktif. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, Vol 4, No. 3.

Purnamasari, Kurnia, D. 2019. Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester II dan III. Midwivery Journal of Galuh University, Volume 1 Nomor 1.

Urtnowska, K., Bulatowicz, I., Ludwikowski, G. (2018). Massage during pregnancy. Poland: Bydgoszczy

Wahyuni, S., Akbar, R., Evi, N. 2016. Perbandiangan Trancutaneous Electrical Nerve Stimulationdan Kinesiotapingterhadap Penurunan Skala Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester III di puskesmas Juwiring Kabupaten Klaten, Vol. 11. Nomor 23.

Widaryanti, R., Riska, H. 2019. Terapi Komplementer Pelayanan Kebidanan. Yogyakarta: Deepublish.

Zakiyah, Ana. 2015. Nyeri Konsep dan Penatalaksanaan dalam Praktik Keperawatan Berbasis Bukti. Jakarta Selatan: Salemba Medika.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v8i02.442

Article Metrics

Abstract viewed : 243 times
PDF files downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.