GAMBARAN CARING PERAWAT DI INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSUD RA KARTINI JEPARA

Vera Fitriana, Emma Setiyo Wulan, Amifta Cindy Laura

Abstract


Latar Belakang : Intensive Care Unit (ICU) merupakan sebuah ruangan unit pelayanan kesehatan yang menerima pasien kritis di rumah sakit. Perilaku caring merupakan sikap peduli, menghormati, dan menghargai orang lain. Sikap caring harus dimilki oleh perawat di ruangan Intensive Care Unit, karena caring merupakan inti dari praktek keperawatan Pemberian caring dalam keperawatan dapat meningkatkan kesembuhan pasien karena pasien merasa terpenuhi kebutuhan fisik, emosi dan spiritual, pasien merasa nyaman dengan pelayanan perawat. Dampak yang dirasakan pasien setelah diterapkannya perilaku caring adalah pasien merasa nyaman dan merasa puas dengan pelayanan di rumah sakit tersebut dan dapat mempercepat proses penyembuhan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran caring perawat di ruang Intensive Care Unit RSUD RA Kartini Jepara

Metodologi : Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian adalah 18 responden.  Kriteria inklusi antara lain perawat pelaksana di ruang ICU, pendidikan minimal D3 Keperawatan, dan masih aktif sebagai perawat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Variabel yang diteliti adalah caring perawat, dengan menggunakan instrumen penelitian Caring Behavior Inventory (CBI). Analisa yang digunakan adalah analisis univariat.

Hasil : Berdasarkan hasil analisis univariat diketahui bahwa caring perawat pelaksana dalam kategori baik yaitu 16 responden ( 88,9%), dan dalam kategori cukup yaitu 2 responden (11,1% ). Caring perawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) mayoritas baik yaitu 88,9%.

Kesimpulan : Caring perawat di ruang Intensive Care Unit mayoritas dalam kategori baik

 

 


Keywords


Intensive Care Unit (ICU), caring, Perawat

Full Text:

PDF

References


Arfiani, H. & Syaifudin, S. (2013). Hubungan Penerapan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Sekolah yang di Rawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Tahun 2013. STIKES’Aisyiyah Yogyakarta.

Astari Yuni. (2020). Mutu Pelayanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Deepublish.

Asty, H. . (2014). Gambaran Perubahan Hidup Klien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisa. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 10(2), 172–188.

Hafsah, A. R., & Idham, I. (2015). Diferensiasi Peran Perawat Laki-laki dan. Perempuan di RSUD Haji Kota Makasar. Jurnal Sosiologi, 4(1), 77–87.

Kumajas, F. W., Warow, H. &, & Bawotong, J. (2014). Hubungan karakteristik individu dengan kinerja perawat di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD Datoe binangkang kabupaten bolaang mongondow. Jurnal Keperawatan.

Kusnanto. (2019). Perilaku Caring Perawat Profesional. AUP.

Listianingsih, L. T., Kep, M., Wijaya, N. Y., & & Indriany, K. (2012). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien False Emergency Di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan.

Manurung, M., & Hutasoi, H. (2013). Persepsi Pasien Terhadap Perilaku Caring Perawat diRuang Rawat Inap Rumah Sakit. Journal Fkm Ui, 3(2), 76–84.

Nurjanah, N., Sittiamb, S., & Paridah, P. (2017). Analisis beban kerja tenaga perawat di instalasi rawat inap rumah sakit umun daerah (RSUD) kota kendari. JIM KESMAS, 2(5), 67–78.

Pelapu, V., Killing, M., & Rumampuk, J. (2018). Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Tentang Kondisi Pasien Di Ruangan ICU RSUDP Prof.Dr.R.Kandou Manado. Buletin Sariputra, 2(1), 63–67.

Soviarni, S. (2019). Hubungan Sikap Dan Perilaku Caring PerawatTerhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Interne Rsu Mayjen H.aThalib Kerinci Tahun2017. MENARA Ilmu, 13(5), 140-147.

Sukesi, N. (2013). Upaya Peningkatan Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap RS Permata Medika Semarang. Jurnal Manajemen Keperawatan.

Sureskiarti. (2022). Pengaruh Spiritual Leadership Terhadap Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan. Pengaruh Spiritual Leadership Terhadap Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan. Banten : Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju.

Suryanto, A. . (2018). Efektivitas stress inoculation training untuk penurunkan stres pada perawat intensive care unit (icu). Thesis thesis. Universitas Airlangga.

Tiara, L. (2017). Hubungan Antara Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu Lampung Tahun 2017. Skripsi. STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v8i02.438

Article Metrics

Abstract viewed : 87 times
PDF files downloaded : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.