PENGARUH EDUKASI PARTISIPATIF TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG TOILET TRAINING DI DUSUN SANGGRAHAN TLOGOADI SLEMAN YOGYAKARTA

Novi Istanti, Anida Anida, Yuli Ernawati

Abstract


Latar Belakang : Salah satu tugas perkembangan usia toddler yaitu toilet training. Toilet training sangat penting diberikan pada usia toddler karena memberikan dampak adanya masalah ISK, mengompol dan encopresis (Inkontnensia feses). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi partisipatif terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang toilet training pada anak usia 18-36 bulan di Dusun Sanggrahan, Tlogoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre eksperimental dengan menggunakan one group pre-post test. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan total sampling.

Hasil : Hasil uji paired t – test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan secara signifikan pengetahuan ibu (p < 0,05) sedangkan sikap ibu tidak terdapat perbedaan secara signifikan (p>0,05).

Kesimpulan : Edukasi partisipatif menggunakan media video berpengaruh terhadap pengetahuan ibu tentang toilet training dan tidak berpengaruh terhadap sikap ibu tentang toilet training di Dusun Sanggrahan, Tlogoadi, Sleman.


Keywords


Edukasi Partisipatif; Pengetahuan dan Sikap Ibu; Toilet Training

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v8i01.415

Article Metrics

Abstract viewed : 140 times
PDF files downloaded : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.