PENGARUH PEMBERIAN NESTING TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA TINDAKAN MEDIS PERAWATAN BAYI PREMATUR: A LITERATURE REVIEW

Sheylla Septina Margaretta

Abstract


Latar Belakang : Sebagian besar bayi premature mendapatkan perawatan intensive di NICU yang disebabkan karena kesehatan fisik yang menurun dan organ-oragn tubuh yang belum mature. Perawatan neonatus akan mendapatkan tindakan medis yang menimbulkan dampak nyeri fisik. Bayi juga terpisah dari ibu sehingga nyeri yang didapat menimbulkan stress berulang yang dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan neonatus. Dari masalah tersebut dibutuhkan penerapan tindakan komplementer nesting atau posisi bersarang untuk penurunan nyeri.

Tujuan :Menganalisa hasil studi penelitian tentang penerapan nesting terdapat penurunan nyeri pada perawatan bayi premature.

Metode: Artikel jurnal dikumpulkan dari beberapa database seperti googel scholar, PubMab, PMC dan Science Direct. Kata kunci yang digunakan adalah “nesting” and “preterm” and “infact” and “pain” dalam artikel penelitian original. Artikel yang direview dipublikasi pada rentang tahun 2015-2022.

Hasil: Analisa 8 jurnal menyimpulan implementasi teraupetik asuhan keperawatan nesting dapat dipadukan dengan metode perawatan lain seperti nesting dengan kombinasi simulator detak jantung ibu, nesting variasi berbagai posisi, dan nesting menggunakan bahan kain berbagai teknik dan metode untuk kenyamanan bayi.

Kesimpulan : Implementasi perawatan menggunakan nesting effektif dalam menurunkan nyeri pada perawatan intensif bayi premature.


Keywords


nesting; bayi premature; nyeri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v8i01.413

Article Metrics

Abstract viewed : 289 times
PDF files downloaded : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.