PENGARUH PREGNANCY MASSAGE TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS TIDUR IBU HAMIL TRIMESTER III DI WILAYAH PUSKESMAS KAYEN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI

Siti Ni'amah

Abstract


Latar Belakang: Kehamilan memasuki trimester III terjadi perubahan fisik dan psikologis. Kondisi tersebut menyebabkan ibu hamil mengalami keluhan yang komplek seperti ketidaknyamanan ketika tidur. Salah satu solusi untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut adalah pregnancy massage.

Metode: Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dengan rancangan one group pretest  posttest design. Variable independent pregnancy massage dan variable dependent peningkatan kualitas tidur pada ibu hamil. Instrumen penelitian menggunakan observasi. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating dengan analisa data uji T. Sampling dengan total sampling.

Hasil: Hasil uji T berpasangan didapatkan nilai p value=0,001(p<0,05). Menunjukkan bahwa ada pengaruh pijat hamil terhadap kualitas tidur pada ibu hamil trimester III. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan kualitas tidur sebelum dan setelah dilakukan pregnancy massage

Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pregnancy massage terhadap peningkatan kualitas tidur pada ibu hamil trimester III.

 

Kata Kunci :Pregancy Massage, Kulaitas tidur, ibu hamil Trimester III.

 

Keywords


Pregancy Massage, Kulaitas tidur, ibu hamil Trimester III.

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i02.387

Article Metrics

Abstract viewed : 177 times
Full Text files downloaded : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.