EFEKTIFITAS PIJAT TUI NA TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN PADA BALITA USIA 12 BULAN DI DESA TONDOMULYO JAKENAN KAPUBATEN PATI

Amelia Nur Hidayanti

Abstract


Latar Belakang: Salah satu faktor terjadinya masalah gizi karena kurangan asupan nutrisi. Masa Balita merupakan masa periode emas pada pertumbuhan dan perkembangan. Masalah yang sering dihadapi adalah masa anak mengalami susah makan dan memilih makanan. Orang tua banyak menggunakan cara komplementer untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan pijat.  Pijat tui na susah makan merupakan salah satu teknik pijat  untuk mengatasi kesulitan makan pada balita. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas pijat tui na terhadap peningkatan berat badan pada balita usia 12 di Desa Tondomulyo, Jakenan, Kabupaten Pati.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Quasy eksperimental dengan pendekatan Pretest – Posttest one group design. Sampling dengan total sampling.

Hasil: hasil uji paired sample t test didapatkan hasil bahwa tidak terdapat efektifitas pemberian pijat tui na terhadap peningkatan berat badan pada balita usia 12 bulan di Desa Tondomulyo, Jakenan, Kabupaten Pati dengan nilai p-value 0,378.

 

Kesimpulan: Tidak terdapat efektifitas pijat tui na terhadap peningkatan berat badan pada balita usia 12 bulan di Desa Tondomulyo, Jakenan, Kabupaten Pati

Keywords


Kata Kunci : Efektifitas, Pijat tui na, Berat badan, Balita.

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i02.385

Article Metrics

Abstract viewed : 193 times
Full Text files downloaded : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.