PENGARUH BRITHING BALL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA IBU BERSALIN DI TPMB AMALIA TEMON, DESA BRATI

Rosmala Kurnia Dewi, Anggita Septyani Permatasari

Abstract


Latar Belakang: Penggunaan Brithing Ball diberikan kepada ibu bersalin dengan intruksi duduk diatas bola dengan kedua kaki membuka telapak kaki menempel lantai dan ditekuk 900, kemudian menggoyangkan panggung searah jarum jam atau kekiri dan kekanan.  Goyangan panggul diatas Brithing Ball meningkatkan kemajuan persalinan, mengurangi rasa nyeri, dan membuat rasa nyaman. Setelah aktivitas nyeri terhambat, produksi endorphin meningkat lalu dibawa ke otak untuk diterjemahkan. Peningkatan produksi endorphin menyebabkan penurunan sensasi nyeri sehingga menurunkan intensitas nyeri yang berhubung juga dengan penurunan tingkat kecemasan (Simanjuntak, M. K. 2022).

Tujuan penelitian : untuk menganalisis pengaruh brithing ball terhadap tingkat kecemasan pada ibu bersalin di TPMB Amalia Temon

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan Quasi Ekxperimental menggunakan one group pretest posttest desaign. Jumlah sampel sebanyak 15 ibu bersalin.

Hasil: Hasil penelitian dilihat dari tingkat kecemasan ibu bersalin sebelum dan sesudah penggunaan Brithing Ball mengalami penurunan dengan selisih rata-rata sebesar 3,14 dan nilai p value tingkat kecemasan <0,05 sehingga terdapat perbedaan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah intervensi Brithing Ball pada ibu bersalin di TPMB Amalia Temon.

Kesimpulan: Pelaksanaan Brithing Ball terbukti membantu mengurangi tingkat kecemasan pada ibu bersalin di TPMB Amalia Temon.


Keywords


Brithing Ball, Ibu Bersalin, Tingkat Kecemasan.

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i02.371

Article Metrics

Abstract viewed : 93 times
Full Text files downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.