PENGARUH SENAM DISMENOREA TERIIADAP TINGKAT NYERI DISMENOREA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BAKTI UTAMA PATI

Wella Anggraini

Abstract


Latar Belakang: Dismenore adalah nyeri pada perut bagian bawah yang dirasakan pada saat menstruasi dan dapat bersifat primer atau sekunder akibat adanya peningkatan hormon prostaglandin yang mengakibatkan otot uterus berkontraksi. Dari data yang didapat sekitar 50% wanita mengalami dismenore selama menstruasi sehingga membuat mereka tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari selama 1-3 hari setiap bulannya (Reeder & Martin, 2011). Ada beberapa manajemen nyeri untuk mengatasi dismenore, salah satunya adalah senam dismenore. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh senam dismenore terhadap tingkat nyeri dismenore pada Mahasiswa STIKes Bakti Utama Pati

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Quasy eksperimental dengan pendekatan non equivalent control group. Sampling dengan total sampling.

Hasil: hasil uji levene test didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan senam dismenore terhadap penurunan dismenore mahasiswa STIKes Bakti Utama Pati dengan nilai p-value 0,006.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan senam dismenore terhadap penurunan dismenore mahasiswa STIKes Bakti Utama Pati.

 


Keywords


Dismenore, senam dismenore, remaja

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i02.368

Article Metrics

Abstract viewed : 145 times
Full Text files downloaded : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.