HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PARTISIPASI LANSIA DALAM MENGIKUTI VAKSINASI COVID-19

I Ketut Alit Adianta, Ni Putu Istri Mahayati

Abstract


Latar belakang: Kurangnya pengetahuan lansia terhadap vaksinasi COVID-19 dapat menimbulkan berbagai macam spekulasi, sehingga dapat menurunkan angka kunjungan vaksinasi dan mengakibatkan sistem imun tubuh menurun. Partisipasi mempunyai peranan penting dalam keberhasilan vaksinasi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan partisipasi lansia dalam mengikuti vaksinasi COVID-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Petang 1.

Metode: Penelitian deskriptif korelatif dengan menggunakan pendekatan Cross-sectional melibatkan 96 lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Petang I yang dilaksanakan dari bulan September hingga Oktober 2021. Data tingkat pengetahuan dengan partisipasi lansia dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti. Variabel penelitian dianalisa dengan uji statistik Spearman rho.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan berpengetahuan cukup 52 (54,2%) berpengetahuan kurang 2 (2,1%). Sudah mengikuti vaksinasi Dosis 1 atau Dosis 2 63 (65,6%), belum mengikuti vaksinasi 33 (34,4%). Berdasarkan uji Spearman-rho menunjukkan arah positif dengan kekuatan 0,069, nilai signifikan p-value > 0,503 yang berarti Ha ditolak.

Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Partisipasi Lansia Dalam Mengikuti Vaksinasi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Petang 1.

Keywords


Vaksinasi COVID-19, Lansia, Partisipasi

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i02.367

Article Metrics

Abstract viewed : 66 times
Full Text files downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.