PENGARUH TERAPI IMAJINASI TERBIMBING TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE-OPERASI

Nur Hidayat, Amalia Pasca Fitry, Fitriani Fajriah3, Yuliana Siti Nurazizah4, Adi Nurapandi5

Abstract


Latar belakang; Pre operasi adalah masa yang dilakukan sebelum tindakan pembedahan, dampaknya mengakibatkan suatu reaksi emosional bagi pasien salah satunya adalah kecemasan yang ditandai dengan perubahan pada fisik misalnya tanda tanda vital, peningkatkan tekanan darah, peningkatan frekuensi napas, dan dapat mengurangi energi pasien. Selain itu pasien juga akan mengalami perubahan psikologis sehingga dapat mengganggu proses operasi. Upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan kecemasan sebelum melakukan intraoperative salahsatunya dengan memberikan terapi imajinasi terbimbing. Tujuan literature review ini untuk menjelaskan gambaran pengaruh terapi imajinasi terbimbing terhadap tingkat kecemasan pasien pra-operasi.

Metode; Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan pendekatan literatur review. Penelusuran artikel dengan menggunakan 6 basis data jurnal diantaranya, PubMed, JSTOR, Wiley Online Library, Sage Journal, dan Taylor & Francis Online, Google Scholar.Kriteria inklusi dalam literatur review ini adalah yang di publikasi pada tahun 1998 sampai 2021 dalam versi bahasa Indonesia dengan akses terbuka dan akses lengkap dalam bentuk original artikel.Adapun kriteria eksklusinya adalah book chapter, abstract proceeding, dan poster. Semua artikel ditinjau secara utuh, dikritik secara spesifik dan diberi peringkat menggunakan instrument Critical Appraisal Skills Programmed (CASP), sebanyak7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dengan jumlah partisipan 337 dengan mean + 48 partisipan. Hasil; Hasil analisis jurnal penelitian menunjukan bahwa terapi imajinasi terbimbing positif menurunkan kecemasan pasien pra-operasi.  

Kesimpulan; Studi ini membuktikan bahwa terapi relaksasi imajinasi terbimbing ini terbukti efektif mengurangi kecemasan pasien pre-operasi. Secara keseluruhan ke-7 artikel tersebut menunjukkan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi.


Keywords


Imajinasi Terbimbing; Kecemasan; Pasien Pra-Operasi

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i02.365

Article Metrics

Abstract viewed : 381 times
Full Text files downloaded : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.