PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU RUMAH TANGGA TENTANG HIV/AIDS DI DUSUN KETILENG DESA PUTATSARI

Sutrisno Sutrisno, Christina Nur Widayati, Riska Badriyatun Nisak

Abstract


Latar Belakang: HIV/AIDS merupakan penyakit yang masih banyak terjadi di dunia. Menurut Kemenkes RI (2018) kejadian HIV/AIDS pada ibu rumah tangga di tahun 2017 adalah sebanyak 1.506 kasus. Adapun penyebab tingginya kasus HIV/AIDS tersebut yaitu kurangnya pengetahuan ibu rumah tangga tentang pencegahan penularan HIV/AIDS (Widwiono, 2019). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan HIV/AIDS terhadap pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga di Dusun Ketileng Kecamatan Grobogan

Metode: desain quasi eksperimen (non equivalen control group design).  Sampling denngan probability sampling (simple random sampling).

Hasil: hasil uji paired sample t test didapatkan p value pengetahuan kelompok eksperimen 0,000 < ? (0,05) yang berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu rumah tangga di Dusun Ketileng Kecamatan Grobogan. Sedangkan untuk p value sikap kelompok eksperimen 0,000 < ? (0,05) yang berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap ibu rumah tangga di Dusun Ketileng Kecamatan Grobogan.

Kesimpulan: pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga di Dusun Ketileng Kecamatan Grobogan.

 

Kata Kunci : HIV/AIDS, Pengetahuan, Sikap, Ibu Rumah Tangga, Pendidikan Kesehatan.


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i01.346

Article Metrics

Abstract viewed : 238 times
Full Text files downloaded : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.