HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN DENGAN TINGKAT STRESS ORANG TUA

Zuriati Zuriati

Abstract


Latar belakang; Pembelajaran daring membuat orang tua bahkan anak-anak tidak mempersiapkan diri dengan baik akibatnya muncul masalah-masalah seperti pembagian waktu antara pekerjaan dan pengawasan anak saat pembelajaran berlangsung hal tersebut dapat memicu stres pada orang tua. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran daring pada anak usia 6-7 tahun dengan tingkat stress orang tua di SD Negeri Bahagia 04 Bekasi.

Metode; Metode penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan secara cross sectional. Penelitian dilakukan pada 60 responden dengan menggunakan teknik total sampling.

Hasil; Hasil penelitian diperoleh sebanyak 75,0% memiliki proses pembelajaran menggunakan metode daring yang baik, sedangkan pada tingkat stress orang tua yang baik sebanyak 45,0%. Kesimpulan; Terdapat hubungan antara metode pembelajaran daring pada anak usia 6-7 tahun dengan tingkat stress orang tua di SD Negeri Bahagia 04 Bekasi dengan nilai p-value 0,015 (p < 0,05).  

 

Kata kunci : Pembelajaran Daring, Edukasi, Covid 19


Full Text:

Full Text

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Tanveer et al. 2020. “COVID-19: The Emerging Immunopathological Determinants for Recovery or Death.” Frontiers in Microbiology 11(December).

Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dharma. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2nd ed. ed. Pustaka Pelajar. Yogjakarta.

Ghirardini, B. 2011. E - Learning Methodologies. Germany: Federal Ministry of Food Agriculture and Consumer Protection.

Haerudin et al. 2020. “Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19.” Universitas Singaperbangsa Karawang (May): 1–12.

Ridwan, M. 2021. “Managemen Stress Orang Tua Dalam Membimbing Pembelajaran Daring Anak Di Masa Pandemi.”

SANGID, AKHMAD, and MOHAMMAD MUHIB. 2019. “Strategi Pembelajaran Muhadatsah.” Tarling : Journal of Language Education 2(1): 1–22.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v7i01.324

Article Metrics

Abstract viewed : 115 times
Full Text files downloaded : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.