ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI PANDUAN ASRAMA TERHADAP KARAKTER CARING DI ASRAMA MAHASISWA RS PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG

Zaenal Arifin, Fitri Arofiati

Abstract


Latar belakang; Perilaku caring perawat harus ditanamkan mulai dari pendidikan keperawatan, asrama mahasiswa merupakan lingkungan tempat tinggal yang dapat berpengaruh terhadap karakter caring. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi panduan asrama ”kurikulum” terhadap karakter caring mahasiswa S1 Keperawatan di RS. PKU. Muhammadiyah Temanggung.

Metode: Eksperimen, Post-Test Only Control Group Design. Sampel terdiri dari 58 responden yang ditentukan dengan kuota sampling, sejumlah 58 mahasiswa yang menjalani praktek klinik di RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Alat penelitian menggunakan Lembar quisionare yang disusun berdasarkan panduan asrama dan 10 caratif caring Watson, dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi univariat, Uji t-Independen, uji one way-anova dan regresi linier sederhana (korelasi pearson product moment).

Hasil; penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pengalaman diklat kelompok kontrol (p-value = 0.005), dan implementasi panduan “Kurikulum” asrama (p value = 0.010), Capaian pembelajaran Ibadah (p value=0.040) dan Capaian pembelajaran Akhlak (p-value=0.047) kelompok intervensi terhadap karakter caring mahasiswa dimana p value < ? 0.05. Mean semua variabel pada kelompok intervensi lebih tinggi dari pada kelompok kontrol

Kesimpulan; Penerapan pedoman “kurikulum” asrama, mahasiswa praktik klinik di RS PKU Muhammadiyah Temanggung terbukti berpengaruh signifikan terhadap karakter caring mahasiswa (p-value = 0,010).

 

Kata Kunci: Panduan “Kurikulum” Asrama, Karakter Caring, Mahasiswa


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i2.311

Article Metrics

Abstract viewed : 115 times
Full Text files downloaded : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.