HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN BIDAN DALAM MELAKUKAN ANTENATAL CARE (ANC) TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BIDAN PRAKTEK SWASTA (BPS) YACINTA DESA MAYAHAN KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN

Rahmawati Rahmawati, Anita Lufianti

Abstract


Latar Belakang; Kualitas pelayanan keperawatan dapat diukur melalui tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan kesehatan yang diterima. Keberhasilan pelayanan keperawatan yang salah satunya dapat berbentuk dalam asuhan keperawatan, dapat diukur dari cepatnya kesembuhan klien, menurunnya kecemasan klien, dan meningkatnya kepuasan klien akan pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan salah satu hal sangat penting dalam meninjau mutu pelayanan khususnya pelayanan kebidanan suatu rumah sakit. Kepuasan pasien dari sisi yang berbeda pada saat pasien memasuki rumah sakit dengan serangkaian harapan dan keinginan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan Bidan dalam melakukan Antenatal Care terhadap tingkat kepuasan pasien di Bidan Praktek Swasta (BPS) Yacinta Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.

Metode; Jenis penelitian ini adalah deskriptif correlation dengan rancangan penelitian Cross Sectional dengan tehnik sampling yaitu accidental Sampling sebanyak 27 responden yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Hasil; Berdasarkan hasil analisa data menunjukkan kualitas pelayanan Bidan dalam melaukan Antenatal Care (ANC) Terhadap tingkat kepuasan pasien dengan Uji korelasi menggunakan uji Spearmen Rho didapatkan hasil uji kualitas pelayanan Bidan terhadap tingkat kepuasan pasien diketahui Ï hitung (0,756) > r table (0,324) dengan p-value (0.00) < sig (0,05). Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan kualitas pelayanan Bidan dalam melakukan Antenatal Care (ANC) terhadap tingkat kepuasan pasien di Bidan Praktek Swasta (BPS) Yacinta Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan..

Kesimpulan; Ada hubungan kualitas pelayanan Bidan dalam melakukan Antenatal Care (ANC) terhadap tingkat kepuasan pasien di Bidan Praktek Swasta (BPS) Yacinta Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan menggunakan uji Spearmen Rho. Secara signifikansi hubungan dikatakan kuat

 

Kata kunci : Pelayanan, Kepuasan

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v1i2.30

Article Metrics

Abstract viewed : 369 times
Full Text files downloaded : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.