PEMILIHAN SAMPEL KUBIS DALAM PENGGUNAAN INTERVENSI KOMPRES DINGIN UNTUK MENURUNKAN BREAST ENGORGEMENT

Bernadeta Novita Septiani, Anggorowati Anggorowati, Muhammad Nur

Abstract


Latar Belakang :Breast engorgement merupakan kondisi payudara mengalami pembengkakan akibat produksi Air Susu Ibu (ASI) berlebih dan tidak dikeluarkan secara sempurna atau paripurna sehingga muncul kondisi pembendungan ASI yang terjadi akibat peningkatan aliran vena serta limfe pada payudara dalam masa menyusui. Breast engorgement dapat diatasi dengan menggunakan kompres dingin daun kubis. Zat utama dalam kubis (Brassica oleracea var. Capitata L) yang bisa mengurangi nyeri, pembengkakan dan peradangan payudara adalah sulfur. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji determinasi kandungan sulfur pada kubis.

Metode : Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu pengambilan empat sampel kubis dari dua daerah yaitu daerah Sumowono-Ambarawa dan daerak Keteb-Magelang. Setelah pengambilan sampel dilakukan pengujian di laboratorium dan pemilihan sampel untuk media kompres payudara ibu post partum yang mengalami breast engorgement.

Hasil: Berdasarkan analisa data terdapat perbedaan kandungan sulfur dalam kubis. Kubis yang memiliki kandungan sulfur paling tinggi adalah kubis putih hijau tua (asla daerah Keteb-Magelang) yaitu sebesar 0.1425 dan kubis dengan kandungan sulfur paling rendah adalah kubis putih hijau (asal daerah Sumowono-Ambarawa) yaitu sebesar 0.0638.

Kesimpulan : Pemilihan sampel kubis untuk menurunkan breast engorgement menggunakan kompres dingin adalah salah satu cara yang harus dilakukan sebelum dipakai oleh pasien. Kubis yang dipilih untuk menangani breast engorgement adalah yang memiliki kandungan sulfur tinggi.

 

Kata kunci : Kubis, Breast Engorgement, Kompres Dingin

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i2.298

Article Metrics

Abstract viewed : 211 times
Full Text files downloaded : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.