ANALISIS FAKTOR-FAKTOR (POLA ASUH, STIMULASI DINI, STATUS GIZI) YANG MEMPENGARUHI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 3-6 TAHUN DI KABUPATEN BUNGO PROPINSI JAMBI

Suhaela Aro'fah

Abstract


Latar belakang; Anak merupakan generasi penerus bangsa yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan pesat. Pada periode ini tidak terlepas dari berbagai masalah yang sering muncul. Masalah terpenting adalah keterlambatan tumbuh kembang. Wilayah Kabupaten Bungo jumlah anak dengan keterlambatan perkembangan sebanyak 95 orang.

Metode; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptik analitik dengan menggunakan pendekatan retrospektif. Jumlah sampel sebanyak 56 anak, dengan kriteria anak-anak usia  3-6 tahun. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pola asuh, stimulasi dini, lembar denver II dan tabel BB/TB. Analisa data menggunakan uji spearman rho dan regresi logistik.

Hasil; nilai pola asuh p (0,002), stimulasi dini p (0,023), gizi p (0,000) nilai p < (0,05) maka, terdapat hubungan antara variabel pola asuh, stimulasi dini dan status gizi dengan tumbuh kembang anak. Status gizi memiliki kekuatan hubungan paling kuat dibanding stimulasi dini dan pola asuh. Anak dengan tumbuh kembang tidak terlambat mayoritas mendapatkan pola asuh demokratis 24 (58,5%), terstimulasi dini 34 (82,9 %), gizi baik 38 (92,7%). Anak dengan keterlambatan tumbang mayoritas orang tua menerapkan pola asuh neglected  6 (40%), tidak terstimulasi dini 7 (46,7%), status gizi lebih 3 (20%).

Kesimpulan : Maka dapat disimpulkan secara statistik p < (0,05) ada hubungan antara ketiga variabel tersebut terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak

 

Kata kunci: Pola asuh; Stimulasi Dini; Status Gizi; Tumbuh Kembang

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i2.297

Article Metrics

Abstract viewed : 145 times
Full Text files downloaded : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda

Copyright of The Shine Cahaya Dunia Ners. ISSN: 2503-2453 (Online).

View My Stats