PENGARUH KARYA TULIS ILMIAH TERHADAP KUALITAS TIDUR MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN SETIH SETIO

Muh Hasan Basri

Abstract


Latar belakang: Karya tulis ilmiah merupakan prasyarat dalam menyelesaikan jenjang pendidikan di Akademi Keperawatan, karya tulis ilmiah berisi data dan fakta maupun hasil penelitian seseorang yang ditulis secara runut dan sistematis. Kebutuhan tidur yang cukup ditentukan oleh kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik berperan penting untuk kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Kualitas tidur yang buruk akan mendatangkan efek negatif untuk tubuh. Dampak dari kurang tidur seperti kantuk yang berlebihan di siang hari, prestasi akademik menurun, stress, resiko kecelakaan dan lain sebagainya. Setiap tahun diperkirakan sekitar 35%-45% orang dewasa Indonesia melaporkan adanya gangguan tidur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh karya tulis ilmiah terhadap kualitas tidur mahasiswa Akademi Keperawatan Setih Setio.

Metode: penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 42 mahasiswa dengan menggunakan kuisioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI).

Hasil: kualitas tidur mahasiswa yang paling banyak kualitas tidur buruk 37 (88.1%) mahasiswa, dengan uji statistik Chi Square P value 0.03,

Kesimpulan: berdasarkan hasil penelitaian terdapat pengaruh tugas akhir terhadap kualitas tidur mahasiswa akademi keperawatan setih setio.

 

Kata kunci: Kualitas Tidur; Karya Tulis Ilmiah

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i2.296

Article Metrics

Abstract viewed : 26 times
Full Text files downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda

Copyright of The Shine Cahaya Dunia Ners. ISSN: 2503-2453 (Online).

View My Stats