PENGALAMAN PERAWAT DALAM MELAKUKAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA KLIEN COVID-19 DI RSUD H. HANAFIE MUARA BUNGO KABUPATEN BUNGO JAMBI TAHUN 2020

Hani Ruh Dwi

Abstract


Latar belakang: Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus adalah penyakit yang menyerang pada sistem pernapasan. Komunikasi terapeutik oleh perawat dalam melakukan asuhan keperawatan kepada klien bagaimanpun bahayanya penyakit klien, komunikasi terapeutik harus tetap dijalankan walaupun beresiko terhadap diri perawat, karena komunikasi terapeutik sangat membantu masalah yang dihadapi oleh klien.  .

Metode; Studi kualitatif  ini untuk mendapatkan pengalaman yang mendalam tentang makna tujuan perawat dalam melakukan komunikasi terapeutik pada klien covid-19 di RS H. Hanafie Muara Bungo, dengan tiga orang informan.

Hasil; Hasil analisis data teridentifikasi empat tema yaitu Support sistem yang diperlukan perawat covid-19, mekanisme koping efektif, harapan yang diinginkan perawat dalam melakukan komunikasi terapeutik, pola hidup sehat agar dapat meminimalkan kejadian covid-19.

Kesimpulan; Kesimpulan bahwa informan memiliki pengalaman yang baik dalam melakukan komunikasi terapeutik terhadap klien covid-19.  

 

Kata kunci: Perawat, Komunikasi Terapeutik, Covid-19


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v6i1.275

Article Metrics

Abstract viewed : 491 times
Full Text files downloaded : 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.