HUBUNGAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI DAN PEMBERIAN MP-ASI DENGAN KEJADIAN STUNTING DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS TAWANGHARJO

Anita Lufianti, Rahmawati Rahmawati, Erba Meilita Sari

Abstract


Latar Belakang: Gizi merupakan bagian penting dalam pertumbuhan dan perkembangan, karena terdapat keterkaitan dan berhubungan dengan kesehatan dan kecerdasan. Anak stunting merupakan hasil kronis gizi buruk dan kondisi lingkungan yang buruk. Kondisi stunting pada anak dapat dicegah dengan cara meningkatkan status gizi ibunya pada masa remaja dan wanita subur, pemberian makanan bayi dan anak yang tepat, serta meningkatkan akses air bersih dan sanitasi yang memadai, imunisasi dan pengobatan untuk penyakit manula. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana hubungan riwayat pemberian ASI dan pemberian MP-ASI dengan kejadian Stunting di wilayah kerja Puskesmas Tawangharjo.

Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi dan menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini anak-anak yang mengalami stunting di wilayah kerja Puskesmas Tawangharjo sejumlah 38 anak eknik pengambilan sampel probability sampling dengan jenis total sampling.

Hasil :  Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara riwayat pemberian ASI dengan kejadian stunting dengan nilai p value 0.033. Dan  tidak  terdapat hubungan antara riwayat pemberian MP ASI dengan kejadian stunting dengan nilai p value 0.107

Kesimpulan : hubungan riwayat pemberian ASI dan Riwayat pemberian MP-ASI dengan kejadian stunting.

 

Kata Kunci : ASI, MP ASI, Stunting

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v5i2.252

Article Metrics

Abstract viewed : 401 times
Full Text files downloaded : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.