PENGARUH PEMBERIAN AIR MINERAL TERHADAP FUNGSI MEMORI JANGKA PENDEK ANAK USIA SEKOLAH DI SD N 2 GEMBONG PATI

Biyanti Dwi Winarsih, Yayuk Fatmawati, Sri Hartini

Abstract


Latar belakang; Usia sekolah meupakan periode dimana anak-anak dianggap mulai bertanggung jawab atas perilakunya sendiri dalam hubungan dengan dengan orang tua, teman sebaya, dan orang lain. Perkembangan intelektual dan peforma akademik anak telah menjadi perhatian karena implikasinya pada masa depan serta kualitas individu dan kehidupan sosial. Peforma akademis selain ditentukan fungsi afektif juga fungsi intelegensi, dimana intelegensi merupakan aplikasi dari aspek kognitif dan metakognitif pada proses belajar dan pemecahan masalah. Proses kognitif bergantung dari fungsi-fungsi otak seperti memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Daya ingat yang baik akan menunjang prestasi akademis anak, sehingga diperlukan proses integrasi otak yang optimal. Berbagai cara untuk mengoptimalkan fungsi otak, diantaranya adalah dengan belajar, bermain dan gizi/nutrisi termasuk kebutuhan cairan tubuh. Penelitian bertujuan mengetahui pemberian air mineral terhadap fungsi memori jangka pendeka anak usia sekolah di SD N 2 Gembong

Metode; Jenis penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode One-group pre-post test design dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sejumlah 53 responden pada siswa kelas III, IV dan V. Alat bantu yang digunakan adalah kuesioner Digit Span. Hasil uji normalitas data tidak normak, uji statistik yang digunakan adalah uji wilcoxon.

Hasil: uji wilcoxon dengan nilai p-value = 0,001 < 0,00 yang artinya ada pengaruh pemberian air mineral terhadap fungsi memori jangka pendek anak usia sekolah di SDN 2 Gembong.  

Kesimpulan; setelah minum air mineral terdapat peningkatan memori jangka pendek pada responden.

 

Kata Kunci : Memori Jangka Pendek, Air Mineral, Anak Usia Sekolah


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v5i2.244

Article Metrics

Abstract viewed : 782 times
Full Text files downloaded : 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.