HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEBIASAAN MENGKONSUMSI FAST FOOD DENGAN MENARCHE DINI PADA REMAJA PUTRI

Aida Yunizar Aida Yunizar, Novita Sari Batubara

Abstract


Latar Belakang : Menarche dini adalah menstruasi pertama yang dialami wanita subur di bawah usia 12 tahun. Kondisi menarche dini karena mendapat lebih banyak produksi hormon estrogen daripada wanita lain pada umumnya, tentu saja ini menjadi penting.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi yaitu metode yang bertujuan untuk menemukan adanya hubungan antara variabel yang berbeda, untuk menghitung jumlah korelasi menggunakan statistik, teknik statistik ini dapat digunakan untuk menghitung antara dua variabel atau lebih dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional yang adalah penelitian yang dilakukan satu kali dan satu kali untuk mencari hubungan antar variabel.

Hasil : Hasil penelitian dari 36 responden menunjukkan status hubungan dengan menarche pada siswa SMPN 2 dengan status gizi obasitas sebanyak 2 siswa (100%) mengalami menarche dini. Dalam status gizi obesitas sebanyak 24 siswa perempuan (70,6%) mengalami menarche pada usia dini sedangkan 10 siswa (29,4%) pada usia normal. kebiasaan mengonsumsi makanan fast food dengan usia menarche menunjukkan menarche dini yaitu sebanyak 3 siswa (27,2%) dan 8 siswa (72,8%) pada usia menarche normal. Pada anak perempuan yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan fast food (tidak baik) 23 siswa (92%) menarche pada usia dini sedangkan 2 anak perempuan (8%) pada usia normal.

Kesimpulan :Terdapat hubungan status gizi dan kebiasaan mengkonsumsi fast food dengan menarche dini pada remaja putri.

 

Kata kunci: Status Gizi, Fast Food, Menarche Dini, Remaja Putri


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v5i2.243

Article Metrics

Abstract viewed : 344 times
Full Text files downloaded : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.