PEMERIKSAAN TEKANAN VENA JUGULARIS (JVP) PADA PASIEN GAGAL JANTUNG: KONSEP ANALISIS

Ulin Ni’am, Mochamad Ali Sobirin, Chandra Bagus Ropyanto

Abstract


Latar belakang: Kondisi hipervolemia pada pasien gagal jantung merupakan situasi dimana seorang pasien harus mendapat penanganan darurat. Tekanan vena jugularis (Jugular Venous Pressure “JVP” adalah pengukuran tidak langsung dari tekanan vena kava. Vena kava menentukan gambaran dari kondisi atrium kanan pada jantung. Meningkatnya JVP diakibatkan adanya kegagalan jantung dalam memompa darah ke dalam sirkulasi. Sehingga, pemantauan JVP sebagai prediktor kondisi jantung pada pasien merupakan komponen penting dalam pengelolaan dan perawatan pada pasien gagal jantung.

Metode: Metodologi yang digunakan dalam penulisan ini adalah konsep analisis. Konsep ini bertujuan untuk melakukan analisa terhadap konsep pemeriksaan JVP berdasarkan strategi analisis konsep Walker dan Avant, meliputi indentifikasi antesenden, mendefinisikan atribut, konsekuensi, referensi empiris, dan kasus yang terkait dengan konsep tersebut.

Hasil: Model konseptual pemeriksaan JVP memberikan petunjuk dalam penerapan asuhan keperawatan sehingga memberikan mutu asuhan keperawatan yang berkualitas. Dampaknya, kualitas hidup pasien dengan masalah pada sistem kardiovaskuler semakin meningkat dan terhindar dari perburukan kondisi.

Kesimpulan: Penguasaan terhadap konsep pemeriksaan JVP sangat diperlukan oleh seluruh tenaga kesehatan. Konsep menjadi dasar dalam menerapkan suatu teori. Penerapan pemeriksaan JVP berdasarkan konsepnya, akan memberikan hasil pemeriksaan yang akurat, sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penegakan diagnosa dan penatalaksanaan pada pasien.

 

Keyword : Gagal Jantung, Konsep Analisis, Pemeriksaan Fisik, Tekanan Vena Jugularis

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v5i1.213

Article Metrics

Abstract viewed : 41123 times
Full Text files downloaded : 1822 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.