PERAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP DETEKSI DINI KANGKER PAYUDARA MEMULAI PEMERIKSAAN SADARI PADA REMAJA PUTRI

Tety Sulestiyowati

Abstract


Latar belakang; Dukungan keluarga adalah sebuah proses yang terjadi sepanjang masa kehidupan, sifat dan jenis dukungan berbeda dalam berbagai tahap-tahap siklus kehidupan. Dukungan keluarga dapat berupa dukungan sosial internal, seperti dukungan dari Ayah, Ibu, atau dukungan dari saudara kandung dan dapat juga berupa dukungan keluarga eksternal bagi keluarga inti. Kanker payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel atau jaringan payudara, hal ini bisa terjadi di seluruh wanita penjuru dunia. Pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi secara dini kanker payudara yaitu dengan memeriksa payudara sendiri atau disebut dengan istilah SADARI. Untuk mengetahui Peran Dukungan  Keluarga terhadap deteksi dini kangker payudara melalui pemeriksaan SADARI Pada Remaja Putri.

Metode; kuantitatif descrictif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 77 siswi dengan teknik pengambilan sampel proportionate random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji statistik chi square.

Hasil; uji statistic menggunakan uji chi square diperoleh hasil p value = 0,002 < α (0,05). Kesimpulan; Ada Hubungan antara Peran Dukungan Keluarga terhadap Deteksi Dini Kanker Payudara  dengan Menggunakan Pemeriksaan Sadari Pada Remaja putri.

 

Kata kunci : Dukungan Keluarga, Deteksi Dini Kanker Payudara , SADARI,  Remaja Putri

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscners.v3i2.131

Article Metrics

Abstract viewed : 384 times
Full Text files downloaded : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.