GAMBARAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG POLIKLINIK RSUD TANI DAN NELAYAN KABUPATEN BOALEMO

Erwin Maiyo

Abstract


Latar Belakang: Setiap pasien yang melakukan konsultasi masalah kesehatannya untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, baik secara langsung maupun tidak langsung di Rumah Sakit. Pasien tidak akan berhenti hanya sampai proses penerimaan pelayanan, namun pasien akan mengevaluasi pelayanan yang diterimanya tersebut. Hasil dari proses evaluasi itu akan menghasilkan perasaan puas atau tidak puas sehingga rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Metode: Metodologi penelitian kuantitatif deskriptif, populasi seluruh pasien sebanyak 1.209 orang, jumlah sampel 92 orang menggunakan teknik sampling simple random samplinh dalam penelitian ini.

Hasil: Hasil penelitian diperoleh  melalui analisis univariat diperoleh kepuasan pasien berdasarkan aspek tangible (kenyataan) mayoritas dikategorikan puas 67 responden (72,8%), aspek reliability (keandalan) mayoritas dikategorikan puas sebanyak 63 responden (68,5%), aspek responsiveness (daya tanggap) mayoritas dikategorikan puas sebanyak 70 responden (76,1%), assurance (jaminan) mayoritas dikategorikan puas sebanyak 75 responden (81,5%) dan aspek empati mayoritas dikategorikan puas sebanyak 77 responden (83,7%), serta tingkat kepuasan pasien mayoritas dikategorikan puas sebanyak 72 responden (78,2%).

Kesimpulan: Kesimpulan  kepuasan pasien sebagian besar dikategorikan puas pada kelima aspek kepuasan yaitu tangible, responsiveness, reliability, asuransi dan empati. Sehingga, diharapkan rumah sakit dapat mempertahankan kepuasan pasien dan menidaklanjuti adanya ketidapuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan agar dapat meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit.

 

Kata kunci : Kepuasan pasien, Poliklinik

Full Text:

PDF

References


Abadi, S., Wibowo, T., Murniati, Mahdi, Amran, R., & Situmeang, L. (2023). Ekonomi Kesehatan: Menuju Indonesia Sehat dan Sejahtera. CV Adanu Abimata.

Andini, R. U., Fannya, P., Widjaja, L., & Indawati, L. (2023). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sanggi Tanggamus Lampung. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(9), 3727–3736.

Ariga, R. A. (2020). Konsep Dasar Keperawatan. Deepublish.

Betten, S. I. P., Anugrahini, C., & Ratu, M. (2019). Gambaran Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Atambua Selatan Nusa Tenggara Timur. Jurnal Sahabat Keperawatan, 1(01), 50–57. https://doi.org/10.32938/jsk.v1i01.90

Chairunnisa, C., & Puspita, M. (2017). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura (RSIJS) Tahun 2015. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 13(1), 9. https://doi.org/10.24853/jkk.13.1.9-27

Detty, A. U. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan, Rawat Inap dan Ruang Operasi Di Rumah Sakit Pertaminan Bintang Amin Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 7(1), 342–351.

Fardhoni. (2023). Pengaruh Pelayanan Keperawatan dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien. Nasya Expanding Management.

Fatrida, D., Yunaspi, D., Suryani, U., & Yolanda, Y. (2023). Strategi Pelayanan Keperawatan untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien. CV Adanu Abimata.

Kaluku, K., Ervan, Yanti, D. E., Hidayat, A., Siswatiabdul, H., & Nuryani, D. (2024). Perilaku Organisasi dalam Bidang Kesehatan. Yayasan Cendekia Mulai Mandiri.

Kamalia, L. O. (2022). Manajemen Pelayanan Rumah Sakit dan Puskesmas. Media Sains Indonesia.

Lestari, Y. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Dependen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 33, 1–12.

Mangindara, Rahmadani, S., & Devi, S. (2022). Manajemen Jaminan Mutu Kesehatan. CV Feniks Muda Sejahtera.

More, Y. F., Littik, S. K. A., & Sinaga, M. (2023). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr. T.C Hillers Maumere Kabupaten SIKKA. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 7(2), 110–119. https://doi.org/10.52643/jukmas.v7i2.3114

Mu’ah. (2016). Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien. Zifatama Jawara.

Mustofa, A., Roekminiati, S., & Lestari, D. (2020). Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. CV Jakad Media Publishing.

Nababan, D., Manurung, J., Martina, S. E., & Wahyuningsih, S. (2021). Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum. Zahir Publishing.

Peratiwi, N. I., Ithing, Rahayu, S., & Ambariani. (2021). Hubungan Empati Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Sri Pamela Tebing Tinggi. Kesehatan Dan Kebidanan STIKes Mitra RIA Husada, 10(2), 118–127.

Permana, I. G. A. S., Krisnawati, K. M. S., & Swedarma, K. E. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Menerima Pelayanan Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Blahbatuh I Gianyar. Coping: Community of Publishing in Nursing, 8(3), 312. https://doi.org/10.24843/coping.2020.v08.i03.p13

Purnamasari, N. D. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Tombolotutu …. Jurnal Ilmiah Kesmas-IJ, 20(2), 123–129. https://journal.stik-ij.ac.id/kesmas/article/view/77

Putri, E. M. I., Rahmi, C., & Paramitha, D. S. (2023). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Mahakarya Citra Utama.

Raharja, Y. D., Kusumadewi, S., & Astiti, D. P. (2018). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Rumah Sakit Umum Puri Raharja. ODONTO : Dental Journal, 5(1), 34. https://doi.org/10.30659/odj.5.1.34-44

Retnaningsih, D. (2021). Keperawatan Paliatif. Nasya Expanding Management.

Rimawati, & Suwardianto, H. (2020). Manajemen Laktasi dan Tatalaksana Tersedak Pada Anak. Chakra Brahmanda Lentera.

Sadaningsih, D., & Irsal, L. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Mutu Pelayanan Poliklinik Gigi Rumah Sakit Tk. IV Samarinda Selama Masa Pandemi COVID-19 The. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Saputri, D., Adiana, S., & Lakoan, M. R. (2023). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Poli Aanak Rumah Sakit X. Indonesian Journal of Health Science, 3(2a), 160–169. https://doi.org/10.54957/ijhs.v3i2a.439

Setiatjahjati, S., Dewi, R., Muin, D., Kusumahati, E., Wahyuni, D. F., & Rambe, R. (2023). Manajemen Farmasi. PT Media Pustaka Indo.

Simarmata, H. C., Rumayar, A., & Wowor, R. (2023). Gambaran Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Mutu Jasa Pelayanan Sakit. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2323–2331.

Siregar, N. S. (2021). Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami. Scopindo Media Pustaka.

Talib, M. T. (2022). Manajemen Rekam Medis Rumah Sakit. CV Azka Pustaka.

Triwijayanti, R., & Rahmania, A. (2022). Mulut Pelayanan Puskesmas dalam Persepsi Pasien. CV Mitra Cendekia Media.

Tui, L., Syukur, S. B., & Syamsudin, F. (2023). Gambaran Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kesehatan, 2(1), 81–90.

Tulak, G. T. (2020). Manajemen Keperawatan Bagi Pendidikan Vokasi. CV Kanaka Media.

Umar, E. (2022). Buku Ajar Manajemen Sarjana Keperawatan Jilid II. Mahakarya Citra Utama.

Zaharuddin, Supriyadi, & Wahyuningsih, S. (2022). Implementasi Manajemen Rumah Sakit. Nasya Expanding Management.

Zaini, M. (2020). Pengantar Komunikasi dalam Keperawatan dan Layanan Kesehatan. Literasi Nusantara.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v10i02.871

Article Metrics

Abstract viewed : 15 times
PDF files downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot online slot gacor slot